Masya Allah! Anak 9 Tahun Ini Hafal Sejarah Islam

1601
Naila Lisa Amania (Foto: NU)

Jakarta, Muslim Obsession – Kecil-kecil sudah berprestasi. Dialah Naila Lisa Amania, anak perempuan berusia 9 tahun ini sudah hafal sejarah Islam.

Lisa memang anak yang gemar menghafal. Rupanya, kemampuan yang dimiliki siswa kelas empat SD asal Probolinggo Jawa Timur ini, berawal dari seringnya melihat rekaman video ceramah Kiai Said Aqil Siroj yang diputar ayahnya.

“Naila saya lihat senang menghafalkan sejarah-sejarah yang mirip disampaikan Kiai Said. Lalu saya belikan kitab sirah-sirah (sejarah), jadi sekarang pemahaman sejarahnya agak banyak,” kata ayah Naila, M Syakur Dewa (Gus Dewa).

Soal kemampuan Naila dapat dilihat dalam video-video yang telah diunggah ke youtube dan media sosial. Dalam video Hafal Sejarah Islam, Naila mampu menjawab pertanyaan ayahnya tentang orang-orang yang dekat dengan Nabi Muhammad, seperti putra-putri Nabi Muhammad, istri-istri Nabi Muhammad, dan para sahabat terdekat yang dijamin masuk surga.

Dalam video lainnya, Hukum Menghina Presiden Indonesia Bagaimana Neng?, Naila menjawab pertanyaan ayahnya tentang bolehkah menghina Presiden? Naila mengatakan tidak boleh karena menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani itu namanya alqa’adiyah atau memberontak secara halus.

Menurut Gus Dewa, proses Naila menyukai sejarah Islam tersebut berlangsung sejak setahun ini. Bocah kelahiran 22 Juli 2009 dan anak pertama dari empat bersaudara ini, terlihat nyaman dan semangat belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here