Masjid Turki Buka Layanan Khusus bagi Tunawisma

285
Masjid Istambul.
Masjid Istambul.

Turki, Muslim Obsession – Hanya di masjid Istanbul, Turki, para tunawisma atau gelandangan mendapat perhatian khusus.

Masjid bersejarah yang berada di distrik Beyoglu, Istanbul, Turki, tersebut menjalankan misi baru, yaitu menjadikan masjid sebagai rumah bagi para jamaah Muslim tunawisma.

Para tunawisma atau orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal tersebut diberikan beberapa fasilitas seperti menyediakan shower, pakaian, dan makanan gratis bagi para meraka.

 Bernama Masjid Selime Hatun, rumah ibadah Muslim kecil  ini berasal dari abad ke-17, masjid tersebut telah menjadi tempat harapan dan tempat berlindung sementara bagi puluhan pemuda yang tidur di kota metropolitan.

Dengan program filantropinya, Osman Gokrem (52) yang telah bekerja di masjid selama 17 tahun, individu tunawisma memiliki kesempatan untuk memenuhi lebih banyak kebutuhan dasar mereka.

“Ini adalah satu-satunya masjid di seluruh negeri tempat setidaknya 50 orang tunawisma dapat mandi gratis setiap hari,” kata Gokrem seperti dilansir Yeni Safak, Senin, (01/7/2019).

Proyek yang dirancang oleh pemimpin ibadah yang mengabdikan hidupnya untuk menyediakan bantuan bagi orang yang membutuhkan  dimulai pada 2017 ketika pemanas air untuk mandi dipasang di dalam masjid.

“Awalnya, tiga hingga lima orang datang dan mandi di sini. Sekarang naik menjadi setidaknya 50 orang setiap hari. Ada juga beberapa tunawisma yang datang dari seluruh kota untuk mandi,” ujarnya.

Sifat gemar membantu imam yang tidak mementingkan diri sendiri selalu memotivasi dia untuk bergegas membantu orang yang membutuhkan.

Gokrem mengaku, ia selalu bertanya-tanya di mana para tunawisma tersebut bisa mandi, di mana mereka bisa makan, bagaimana mereka membeli apa yang mereka butuhkan, karena tidak ada yang menghendaki mereka.

“Ketika seorang gelandangan pergi ke sebuah tempat pangkas rambut, si tukang cukur tidak membiarkan mereka masuk. Bukan karena mereka tidak punya uang, tetapi karena mereka kotor dan berbau. Hamams (pemandian umum Turki) melakukan hal yang sama, mereka tidak mengizinkan mereka masuk,” kata Gokrem.

Berkat dukungan para donatur, imam juga memberikan makanan gratis setiap Sabtu di masjid, yang buka 24 jam setiap hari, dan menyumbangkan pakaian. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here