Masjid Tertua di Dunia Ditemukan di Gurun Israel

376
Masjid Tertua ditemukan di Israel (Foto: Reuters)

Israel, Muslim Obsession – Salah satu masjid tertua di dunia ditemukan di gurun Israel. Masjid tersebut merupakan masjid kuno yang berasal dari abad ke-7 atau ke-8.

Demikian dilaporkan Otoritas Barang Antik Israel, Kamis (18/7/2019). Tempat ibadah itu ditemukan selama persiapan untuk lingkungan baru di kota Badui, Rahat di wilayah gurun Negev di Israel selatan.

“Sebuah masjid pedesaan kecil, yang berasal dari abad ke 7 hingga 8 M, adalah penemuan langka di dunia, terutama di daerah utara Be’er Sheva, di mana tidak ada bangunan serupa yang sebelumnya ditemukan,” menurut Jon Seligman dan Shahar Zur, direktur penggalian.

“Dari periode ini ada masjid besar yang dikenal di Yerusalem dan di Makkah, tetapi di sini kami memiliki bukti rumah doa kuno, yang tampaknya telah melayani para petani yang tinggal di daerah itu,” kata mereka, dilansir Daily Sabah.

Masjid itu adalah sebuah bangunan terbuka empat persegi panjang yang berisi Mihrab, atau ceruk doa, menghadap ke selatan, menuju Makkah.

Selama penggalian, sisa-sisa sebuah pertanian dari akhir periode Bizantium (abad ke 6 – 7), dan pemukiman kecil dari awal periode Islam (abad ke 7 – 8) juga ditemukan.

“Ini adalah salah satu masjid paling awal yang dikenal sejak awal kedatangan Islam di Israel, setelah penaklukan Arab pada 636 M,” tutur Profesor Gideon Avni, seorang pakar Otoritas Barang Antik Israel.

“Ini menunjukkan proses perubahan budaya dan agama yang dialami negara itu selama transisi dari Bizantium ke periode awal Islam,” tambahnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here