Masjid Saigon, Tetap Cantik di Usia Tua

1174
Masjid Jamia Al-Musulman, di Saigon Vietnam (Foto: Vnexpress)

Muslim Obsession – Masjid Jamia Al-Musulman adalah masjid paling populer di Saigon, Vietnam. Dibangun di atas lahan seluas 2.000 meter persegi (2.400 kaki persegi) di Dong Du Street di Distrik 1.

Siapa sangka, masjid cantik ini ternyata berusia 80 tahun. Konon, masjid ini dibangun oleh komunitas India yang dulu tinggal di Vietnam dan membawa beberapa fitur Asia Selatan dalam arsitekturnya.

Pada pintu masuk utama masjid Jamia Al-Musulman, terdapat sebuah plakat yang mengabadikan tahun dibangunnya masjid tersebut. Di atas plakat itu bertengger simbol Islam, yakni bulan sabit dengan bintang emas di atasnya.

Bulan sabit disebut-sebut sebagai lambang kalender Islam. Sementara bintang melambangkan ketaatan dan ketundukan kepada Allah.

Masjid ini menyediakan satu kolam air bersih untuk para jamaah membersihkan kaki mereka sebelum memasuki masjid Jamia Al-Musulman.

Di bagian dalam, ubin keramik putih menutupi sebagian dinding. Dengan permadani hijau terhampar sempurna di lantai dan sentuhan cahaya warna-warni di pintu masuk.

Tahukah? Hanya pria yang diizinkan untuk shalat di ruang utama Masjid. Sedangkan jamaah wanita bisa melaksanakan shalat di lorong.

Jam berwarna hijau gelap tergantung antik di dinding, dengan tumpahan huruf Arab yang menunjukkan jadwal shalat pada hari itu. Selain itu, ada sebuah lukisan Makkah, yang melambangkan kota suci umat Islam. (Vina – Sumber: Vnexpress)

 

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here