Masjid Quba, Masjid Pertama dalam Sejarah Islam

5577
Masjid Quba
Masjid Quba

Muslim Obsession – Tiga kilometer ke arah selatan Madinah adalah tempat di mana Nabi Muhammad Saw. dan sahabat-sahabatnya pertama kali beristirahat selama hijrah dari Makkah ke Madinah.

Berikut ini adalah Masjid Quba, yang merupakan masjid pertama dalam sejarah Islam. Selama migrasi dari Makkah ke Madinah, sementara Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat beristirahat di Quba. Nabi Muhammad Saw. meletakkan dasar masjid dan beliau sendiri ikut serta dalam pembangunan masjid ini.

Masjid Quba adalah masjid terbesar kedua dan bergengsi setelah Masjid An-Nabawi di Madinah. Ini sangat penting karena merupakan masjid pertama yang dibangun dalam sejarah Islam. Masjid ini telah disebutkan dalam QS. At-Taubah [9]: 108.

Sedangkan dalam Hadits, Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa yang telah bersuci (berwudhu di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu shalat di dalamnya dua rakaat, maka baginya sama dengan pahala umrah,” (Sunan ibn Majah, no 1412).

Salah satu bagian Masjid Quba disediakan untuk wanita. Ada tujuh pintu masuk utama. Sementara ada 12 pintu masuk kecil ke masjid. Selama bertahun-tahun, masjid tersebut telah mengalami berbagai proyek renovasi dan perluasan.

Pada tahun 1984, Shah Fahad bin Abdul Aziz merekonstruksi masjid namun mempertahankan desain arsitektur lama, terutama kubah putih.

Masjid Quba memiliki 56 kubah dan 4 menara di sudut-sudut ruang sholat. Masjid ini memiliki kapasitas untuk 20.000 jamaah. (Vina – Sumber: dunyanews.tv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here