Masjid Mashkhur Jusup yang Tak Lekang Ditelan Komunisme

604
Masjid Mashkhur (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Negara dengan luas wilayah terbesar ke-9 di dunia ini memang kurang akrab di telinga. Kazakhstan masih terhitung muda, karena baru merdeka pada tahun 1991.

Tapi tahukah Anda, kalau mayoritas warga Kazakhstan adalah muslim. 70 persen dari 17 juta jiwa warga negara kaya minyak ini memeluk Islam. Namun komunisme, membuat kehidupan spiritual sempat redup di sini.

Menjadi bagian dari Uni Soviet selama kurang lebih 70 tahun membuat paham komunis menguasai. Kebebasan agama dikekang termasuk muslim. Namun kini mulai berbenah, bisa beribadah dan tetap tak lupa budaya identitas mereka.

Kini muslim Kazkahstan mulai tergugah untuk kembali ke jalan Allah. Di kota-kota Kazakhstan, termasuk ibukotanya Astana, juga sudah mulai banyak dibangun masjid.

Berbicara Kazakhstan, tahukan Anda di Negara ini terdapat masjid unik yang memiliki arsitektur klasik yaitu Masjid Mashkhur Jusup yang berada di pusat kota Turki, Pavlodar, Kazakhstan. Nuansa Islami begitu kentara di hampir setiap sudut kota ini. Mulai dari keseharian, hingga landmark khas Islam yang ada di sini.

Dibuka pada tahun 2012 silam, Masjid Mashkhur Jusup Central mampu menampung hingga 10.000 muslim untuk shalat. Keunikan dari masjid ini terletak pada kubahnya yang menyerupai tirai dengan aksen lipat-lipatnya. Masjid unik dengan arsitektur Islam Klasik ini memiliki empat menara dengan tinggi 77 meter.

Kubah masjid ini dianggap terbesar di kota Pavlodar, Kazakhstan dengan tinggi 51 meter dan lebar 28 meter. Selain fasilitas religius, masjid unik ini juga memiliki fasilitas lainya seperti sekolah, gedung pernikahan, museum budaya Islam, perpustakaan, bioskop, ruang makan, dan berbagai ruangan lainnya.

Kazakhstan adalah negara terbesar kedua di dunia yang memproduksi daging kuda, setelah Tiongkok. Hampir 100 ribu ton , diproduksi tiap tahunnya. Menjadi suku nomaden yang hidup berpindah, bangsa Kazakh selalu membawa kuda sebagai alat transportasi, sekaligus pengangkut beban. Saat membutuhkan protein, mereka akan menyembelih kuda yang tersedia. Karena hidup berpindah itu pula, cara pengolahan beshbarmak sangat sederhana, hanya direbus dengan bumbu dasar. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here