Masjid Jama, Peninggalan Terakhir Pemilik Taj Mahal

111
Masjid Jama (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Salah satu masjid yang merupakan peninggalan terakhir Raja Shah Jahan atau pemilik Taj Mahal ialah Masjid Jama. Indahnya bangunan masjid ini bisa dilihat dari luar yang terlihat ada pilar-pilar yang berdiri seperti jajaran lengkung sebuah jendela. Sementara pada setiap sudut halaman masjid ini juga berdiri Chattris yang turut menghiasi arsitektur bangunan masjid ini dari luar.

Bukan cuma itu saja, bangunan utama masjid ini juga tertutup dengan 3 buah kubah besar yang berwarna putih. Bagian kiri dan juga kanan kubahnya juga ada menara yang tingginya mencapai 41 meter. Didalam menara tersebut juga ada 130 anak tangga yang bisa digunakan untuk jalan menuju puncak menara.

Ada 3 buah pintu gerbang pada masjid ini yang mana masing masing pintu gerbang mempunyai satu buah menara. Ada banyak keistimewaan yang terdapat pada masjid ini. Salah satunya ialah mempunyai 2 menara utama sebagai tempat muadzin dalam mengumandangkan adzan pada ketinggian 41 meter. Untuk menaiki menara, anda harus menaiki anak tangga yang dibuat dari bahan batu pualam hitam dengan batu bata. Jika anda berada di puncak menara, maka anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah kota delhi terlihat juga bentangan Red Fort dari sudut utara menara masjid ini.

Masjid ini juga mempunyai kubah sebanyak 3 buah yang sangat besar. Ketiga kubah tersebut juga dihiasi oleh batu pualam hitam maupun putih dengan lapisan emas bagian atasnya. Meskipun kubahnya terlihat sangat sederhana, namun kubah ini sangat besar dan serasi dengan warna bangunan masjidnya. Selain itu, ada kubah kecil yang ada pada setiap menaranya yang diberi warna sama dengan kubah induk dan juga masjidnya.

Jika disini bangunan kubahnya dibuat dengan hiasan batu pualam, berbeda dengan bangunan kubah di Indonesia. Jika di Indonesia bangunan kubah masjid yang banyak digunakan ialah kubah dari bahan flannel enamel. Kubah jenis ini sangat indah warnanya sehingga banyak yang memilih kubah tersebut untuk masjid yang dibangun dibawahnya. Selain mempunyai gabungan warna yang indah dan mencolok, kubah ini juga mempunyai ketahanan yang bagus sehingga bisa bertahan sampai 20 tahun.

Peran penting Masjid Jama ini ialah sangat berarti yakni sebagai salah satu masjid warisan dari abad silam. Itu karena dalam masjid ini menyimpan banyak benda penting dari jaman dulu. Diantaranya ialah adanya manuskrip Al-Quran tertulis pada lembaran lembaran dari kulit rusa. Ada beberapa pintu yang bisa digunakan sebagai akses menuju kota diantaranya Khasmiri Gate, Ajmeri Gate, Delhi Gate, dan Turkman Gate. Selain itu, beberapa pintu tersebut adalah bagian dari 14 pintu dahulunya ada pada tembok kota Shahjahanabad.

Pada dinding masjid juga tertulis ayat-ayat Al-Quran dengan tulisan yang sangat indah sebagai hiasan dinding masjid. Pada setiap garis lengkung pintu juga terdapat potongan ayat Al-Quran yang diukir sangat indah. Lengkungan pintu juga telah terukir hiasan geometri dengan bagian atas yang dihiasi dengan daun yang membentuk lambing bintang.

Ada pavilium cantik yang di buat diujung undakan yang ada ditengah pintu masjid ini. Pavilium tersebut berukuran setinggi badan yang disanggah oleh 4 pilar. Yang dibuat dari ukiran batu marble putih yang diukir menerawang diatasnya. Selanjutnya masuk didalam masjid juga telah dibentangkan sajadah panjang untuk alas beribadah shalat. Hiasan lainnya juga disuguhkan dengan adanya lampu kristal yang menggantung yang berukuran besar.

Keutuhan masjid hingga kini menjadi bukti tingginya nilai seni arsitektur Dinasti Mogul tersebut. Kebesaran nama Allah dan kemegahan bangunan masjid membaur jadi satu dan mengundang orang-orang yang beriman untuk senantiasa mengunjunginya, beribadah, dan berdzikir di dalamnya. Di dalam keindahan seni arsitektur itu, terdapat kedamaian jiwa-jiwa tulus yang senantiasa memuji Sang Pencipta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here