Masjid Istiqlal Dapat Bantuan Operasional Rp15 Miliar

73

Jakarta, Muslim Obsession – Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) mendapatkan bantuan operasional senilai 15 miliar rupiah dari Kementerian Agama, Selasa (23/3/2021). Bantuan operasional ini akan diberikan dalam tiga tahap. Tahap pertama senilai 6 miliar rupiah, tahap kedua dan ketiga masing-masing senilai 4,5 miliar rupiah.

Penyerahan bantuan ini ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian kerjasama antara Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Moh. Agus Salim dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, di VIP Room Masji Istiqlal, Jakarta.

Direktur Urais Binsyar Moh Agus Salim mengatakan, meskipun adanya optimalisasi anggaran, pihaknya berkomitmen untuk tidak mengurangi nominal bantuan operasional tahun 2021 kepada Masjid Istiqlal yang diberikan secara bertahap setiap tahunnya.

“Kami akan sering berkunjung ke sini, seperti yang disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, Bapak Nasaruddin banyak hal yang akan disinergikan, khususnya terkait dengan moderasi beragama,” ujar Agus, mengutip Kemenag, Rabu (24/3/2021).

Menurutnya, saat ini Kemenag juga sedang menggalakkan program masjid ramah anak, masjid ramah disabilitas, dan masjid ramah lingkungan. Ini menurut Agus tentu dapat bersinergi dengan Masjid Istiqlal yang merupakan masjid negara dan memiliki peran pembinaan bagi masjid/mushala lainnya di Indonesia.

Agus menjelaskan, Kemenag melalui Subdit Kemasjidan memiliki program bantuan Masjid/Mushalla, kemudian Pembinaan SDM Kemasjidan (Takmir, Imam dan Remaja Masjid), dan Modernisasi Data dan Layanan Berbasis IT.

Selain ke Masjid Istiqlal, pada tahun 2021 ini program bantuan masjid/mushala ini akan diprioritaskan bagi daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

“Setiap hari kami di Direktorat Urais Binsyar kebanjiran proposal, sehingga kami punya komitmen, bantuan dana masjid ini akan kita arahkan ke daerah 3T, karena masih ada beberapa daerah yang masih membutuhkan,” jelas Agus.

Sementara Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyampaikan ada 46 program unggulan di tahun 2021 yang akan disinergikan dengan Kemenag.

Di antaranya ada yang terkait langsung dengan bidang Direktorat Urais Binsyar, kemudian pembinaan umat dan keluarga muslim, mengingat saat ini perceraian semakin banyak. Program lainnya adalah pendidikan kader ulama perempuan.

“Ke depannya akan lebih banyak mengajak pak Direktur untuk ke Istiqlal ini, apalagi nanti Istiqlal diminta menjadi payung dari seluruh masjid yang ada di tingkat kelurahan desa,” imbuhnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here