Masjid Faisal, Representasi Keindahan Tenda Suku Bedouin

867
Masjid Faisal (Foto: Ganaislamika)

Muslim Obsession – Pakistan, sebuah negara cantik yang berada di kawasan Asia Selatan dengan ibukota Islamabad ini, ternyata memiliki tempat ibadah kaum muslim yang menakjubkan yaitu Masjid Faisal.

Sebagai salah satu masjid terbesar di Pakistan, tentu saja Masjid Faisal sangat dipandang dan diperhatikan. Bahkan saking besarnya, masjid ini menjadi masjid terbesar di Asia Selatan.

Masjid ini didanai oleh Raja Arab Saudi Faisal bin Abdul Aziz sebagai hadiah untuk rakyat Pakistan. Masjid ini dibentuk sedemikian rupa agar menyerupai tenda suku Bedouin yang biasa tinggal di daerah gurun secara nomaden.

Masjid Faisal atau juga dikenal dengan sebutan Masjid Shah Faisal adalah masjid yang sangat besar dan juga unik, terletak di Islamabad, Pakistan. Masjid ini dirancang oleh seorang arsitek asal Turki yang bernama Vedat Dalokay, yang telah memenangkan kompetisi desain arsitektur internasional untuk pembangunan masjid ini.

Masjid ini terletak di ujung Shaharah-e-Islamabad, jauh di belakang masjid, terdapat Bukit Margalla yang menjadi latar belakangnya yang indah. Masjid ini sengaja diposisikan di kontur tanah berundak yang tinggi agar dapat dilihat dari kejauhan, baik saat siang hari maupun malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here