Masjid di Cina Wajib Pasang Bendera Nasional

1003
Umat Muslim sedang melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Niujie Tiongkok. (Photo: Swarajya/Kevin Frayer)

Cina, Muslim Obsession – Pemerintah Cina mewajibkan semua masjid di negara tersebut untuk memasang bendera nasional. Dengan tujuan mengajarkan nilai-nilai inti sosial dan budaya tradisional Cina.

“Semua masjid di negara itu wajib menaikkan bendera nasional dan mempelajari nilai-nilai inti sosialis untuk memperkuat konsep bangsa mereka dan meneruskan semangat patriotisme,” kata Asosiasi Islam Cina, dalam keterangan tertulis, Selasa (22/5/2018) waktu setempat.

Sebagai bagian dari gerakan itu, masjid-masjid di Cina juga didorong untuk mengajar kelas-kelas tentang Cina klasik, sejarah dan geografi. Inisiatif ini telah dielu-elukan oleh para ahli Cina. Mereka berusaha mengasimilasi Islam ke dalam masyarakat sosialis. Juga dianggap sebagai kemajuan untuk pembangunan agama.

“Inisiatif ini, jika dilakukan dengan lancar, dapat mengintegrasikan doktrin agama ke dalam budaya Cina,” kata seorang profesor studi etnis Cina sebagaimana dilansir Swarajya, Rabu (23/5/2018).

Ketika ditanya apakah langkah tersebut mengganggu pemisahan agama dan politik, pihak berwenang Cina mengatakan bahwa bendera mewakili negara dan bukan politik.

Mereka juga mengatakan bahwa menggantung bendera tidak mengganggu kebebasan beragama. Perintah serupa juga dilaporkan diikuti oleh sejumlah situs agama Kristen dan Budha. (Vina)

 

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here