Masjid Al-Aqsa Batal Ditutup Selama Tiga Pekan

86

Jakarta, Muslim Obsession – Rencana penutupan masjid Al Aqsa selama tiga pekan ke depan akhirnya batal. Kompleks Masjid Al Aqsa akan tetap dibuka untuk umum meski angka penularan COVID-19 di Yerusalem dan sejumlah wilayah di otoritas Palestina dan Israel terus mengalami peningkatan.

Sebelumnya pada Kamis kemarin, Otoritas Wakaf Islam di Yerusalem berencana menutup Masjid Al Aqsa mulai Jumat sore, 18 September 2020 ini.

Keputusan ini kemudian berubah setelah menyadari ada kemungkinan otoritas Israel bakal mengizinkan warga pemukiman menyerang Masjid Al Aqsa ketika Kompleks Al Quds ditutup untuk umum.

Sehingga dengan keputusan tetap dibuka, maka umat Islam tetap bisa beribadah dan sholat di Masjid Al Aqsa secara normal seperti biasanya.

Rencana awal penutupan Masjid Al Aqsa dilakukan mengingat jumlah warga yang terkena COVID-19 atau virus Corona di Yerusalem dan sejumlah tempat yang menjadi otoritas Palestina maupun Israel terus mengalami peningkatan.

Penutupan kompleks Masjid Al Aqsa diperpanjang hingga Ramadhan. Hal ini disebabkan oleh wabah pandemi virus Corona yang belum kunjung berakhir.
Kompleks Masjid Al Aqsa sempat ditutup sepanjang Ramadan lalu Foto: Getty Images

“Kami memutuskan untuk tetap membuka pintu masjid Al Aqsa yang diberkati,” demikian bunyi pernyataan Otoritas Wakaf Islam dari Arab News, Jumat (18/9/2020).

Otoritas Israel melaporkan jumlah warga yang terkena COVID-19 atau virus corona mencapai 167.000. Dari angka tersebut, sebanyak 1.147 orang dilaporkan meninggal dunia.

Sementara di kawasan Tepi Barat dilaporkan 214 warga meninggal akibat terpapar COVID-19. Otoritas Palestina melaporkan ada lebih dari 30.200 warganya yang dinyatakan positif terkena COVID-19. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here