Masjid Agung Granada Semakin Memukau Saat Ramadhan

645
Masjid Agung Granada (Foto: World Bulletin)

Granada, Muslim Obsession – Sebuah masjid di kota Granada Andalusia, kini menjadi sorotan, karena menarik lebih banyak umat Muslim selama bulan suci Ramadhan. Masjid bernama “Mezquita Mayor de Granada” (Masjid Agung Granada) ini terletak di Spanyol selatan. Persis menghadap ke Istana Alhambra.

Terlebih, Masjid tersebut menjadi tempat makan malam berbuka puasa. Di mana orang-orang akan disajikan kurma dan sup Harira Maroko. Sementara itu, Sekretaris Jenderal Masjid Zacarias Lopez Rejon mengatakan bahwa mereka berbuka puasa dengan susu dan kurma. Sedangkan sup Harira disajikan setelah shalat Tarawih.

“Setelah doa malam, kami melakukan shalat Tarawih. Selama sebulan penuh, kami membaca seluruh Al-Quran hingga dua kali khatam,” kata Rejon, seperti dilansir World Bulletin, Kamis (31/5/2018).

Rejon mengatakan bahwa pembangunan masjid dimulai oleh komunitas Muslim di Granada sejak 30 tahun lalu, ketika ayahnya baru masuk Islam.

“Kami mengalami kesulitan dalam pembangunan masjid. Prosesnya memakan waktu lama karena alasan keuangan dan politik. Akhirnya, masjid itu diresmikan untuk ibadah pada tahun 2003,” ujar Rejon.

Ia menambahkan bahwa mereka membutuhkan bantuan keuangan dari seluruh dunia untuk tetap memelihara masjid tersebut.

Muhammed Ibrahim Perez, seorang pengunjung masjid yang berusia 60-an, mengatakan Muslim di Granada memiliki tempat penting dalam hal aspek lokal, nasional dan internasional. Perez mengatakan bahwa Ramadhan adalah bulan terbaik dan ditunggu-tunggu tahun ini.

Diceritakan bahwa Kota selatan Granada adalah tanah dari Umayyah Andalusia selama delapan abad hingga Perang Granada pada tahun 1492. Tepat ketika kaum Muslim kehilangan semua kekuasaan mereka di Spanyol.

Lalu setelah kemenangan Spanyol, Granada dianeksasi ke Kastilia, sebuah kerajaan di Semenanjung Iberia selama Abad Pertengahan. Perang ini adalah bagian dari “Reconquista”, yang berarti merebut kembali. (Vina)

 

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here