Masih Renovasi, Masjid Istiqlal Belum Dizinkan Untuk Shalat Jumat

136

Jakarta, Muslim Obsession – Meski Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membolehkan kembali tempat ibadah dibuka di masa PSBB transisi. Namun ternyata tidak semuanya. Masjid Istiqlal pun masih ditutup, belum diizinkan untuk shalat Jumat.

Kepala Bagian Protokol Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, mengatakan kemungkinan Istiqlal akan mulai menyelenggarakan kembali Shalat Jumat pada Juli mendatang.

“Shalat Jumat hari ini belum, kemungkinan awal Juli saat masjid Istiqlal dibuka untuk umum,” ujar Abu saat dihubungi, Jumat (5/6/2020).

Abu mengatakan saat ini pengelola Masjid Istiqlal masih fokus dalam penyelesaian proyek renovasi yang telah memasuki tahap akhir. Proyek renovasi tersebut dikerjakan sejak Mei 2019. Sedangkan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal sudah ditiadakan sejak 20 Maret 2020

Selain itu, kata Abu, hingga saat ini belum ada instruksi dari Imam Besar Masjid Istiqlal untuk menyelenggarakan Shalat Jumat. Karena kewenangan itu ada di imam besar. “Alasannya belum ada instruksi dari imam besar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Abu mengatakan, meski belum dibuka untuk umum namun pengelola Masjid Istiqlal sudah menyiapkan protokol kesehatan bebas Covid 19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membolehkan kegiatan keagamaan di rumah ibadah setelah DKI memasuki masa PSBB transisi. “Jadi masjid, musala, kemudian gereja, vihara, pura, kemudian kelenteng, semua sudah mulai bisa membuka, tapi hanya untuk kegiatan rutin. Dan harus mengikuti prinsip-prinsip protokol kesehatan,” ujarnya Kamis (4/6).

Anies menyatakan untuk tetap menjaga jarak aman saat kegiatan di tempat ibadah. Jumlah orang dalam tempat ibadah juga tidak boleh melebihi dari separuh kapasitas. Selain itu, kata dia, usai melaksanakan kegiatan di tempat ibadah harus disemprot dengan disinfektan. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here