Masih Muda kok Ubanan? Ini Faktor Penyebabnya

454

3. Polusi udara

Polusi udara juga bisa jadi salah satu faktor pemicu munculnya rambut uban pada usia muda. Radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara dapat memberi dampak buruk bagi tubuh.

Salah satu dampaknya adalah merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut, yang menyebabkan rambut tumbuh berwarna putih.

4. Terlalu stres

Stres berlebih dapat mempercepat proses penuaan, termasuk memunculkan uban sebelum waktunya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh New York University pada 2013 juga telah membuktikan adanya hubungan antara stres dan menipisnya folikel rambut pada tikus.

5. Asap Rokok

Paparan asap rokok tak hanya bisa menyebabkan gangguan pernapasan, namun juga memengaruhi warna rambut.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Indian Dermatology Online Journal pada 2013 menunjukkan bahwa perokok memiliki peluang 2,5 kali lebih besar untuk beruban di usia muda. Hal ini disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang terkandung pada asap rokok.

6. Perubahan hormon

Hormon juga disebut dapat memengaruhi rambut uban pada usia muda. Pasalnya, berkat hormon, rambut bisa mengalami perubahan dari waktu ke waktu baik itu dari aspek tekstur, kepadatan, hingga warna. “Proses ini mulai terlihat ketika Anda berusia 30 tahun,” jelas Day. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here