Ma’ruf Amin akan Menerima Gelar Doktor Honoris Causa dari UNJ

90
Ma'ruf Amin. (Foto: Twitter M'aruf Amin)

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menerima gelar doktor honoris causa di bidang kebangsaan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Penghargaan itu rencananya akan diberikan pada Oktober mendatang.

Rektor UNJ Komarudin mengatakan bahwa berbagai persyaratan sedang disiapkan. “Oktober acara pemberian gelar doktor honoris causa akan kami lakukan. Pada September akan proses persyaratan-persyaratan administrasi kemudian akan melengkapi persyaratan akademis di UNJ,” kata melalui keterangan resmi Setwapres, Rabu (2/9/2020).

Tidak hanya itu, UNJ juga sedang menyiapkan buku terkait pemikiran Wapres mengenai negara kesepakatan atau darul mistaq. Konsep ini dinilai relevan untuk diterapkan di Indonesia yang memiiki banyak keberagaman baik suku, ras, maupun agama.

Wapres sendiri menyambut baik rencana pemberian penghargaan tersebut. Ma`ruf mengaku tidak menyangka bahwa pernyataannya tentang masalah pandangan Islam di kehidupan bernegara akan dibukukan.

Menurutnya, konsep darul mistaq merujuk pada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Sebab, dalam tiga kesepakatan tersebut terdapat nilai persamaan dan kebersamaan yang dapat menjadikan kebhinnekaan berjalan selaras.

“Prinsip-prinsip yang harus dipertahankan seperti musyawarah, keadilan, amanah [kepercayaan], kesamaan hak, [dan] kesamaan keadaan,” ujar Wapres. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here