Marriage is a life journey (1)

377

A life journey 

Sedemikian pentingnya institusi ini sehingga pernikahan dapat dikatakan sebagai “a life journey” atau proses perjalanan hidup manusia itu sendiri. Sebuah perjalanan yang dimulai dengan komitmen penuh untuk bersama hingga akhir hidup (di syurga Insya Allah).

Untuk life journey atau perjalanan hidup ini solid dan sukses ada beberapa pilar Yang dibangun dalam proses perjalanan itu. Di bawah ini saya sebutkan pilar-pilar tersebut secara singkat.

Pertama, bahwa life journey ini adalah a journey of responsibility atau perjalanan hidup yang penuh dengan tanggung jawabnya.

Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa barangsiapa yang diberikan keberkahan dengan seorang isteri yang salehah, tentu sebaliknya seorang suami yang saleh bagi sang isteri, maka dia telah menyemournakan seperdua agamanya (nisf diin).

Perkawinan dianggap memenuhi setengah agama karena agama itu adalah kehidupan. Dan kehidupan adalah tanggung jawab. Tanggung jawab kehidupan itu dalam dua bentuknya; pribadi dan publik. Maka pernikahan sesungguhnya adalah awal dari pemenuhan tanggung publik manusia.

Di sinilah pokok poinnya kenapa pernikahan itu disebut sebagai a journey of responsibility (perjalanan yang penuh tanggung jawab). Bahkan tidak salah jika pernikahan itu akan menjadi “ukuran” tanggung jawab seseorang dalam tanggung jawab publiknya.

Kedua, bahwa life journey ini adalah a journey of vision atau perjalanan visi hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here