Marriage is a life journey (1)

44
Imam Shamsi Ali (Foto: Fikar)

Oleh: Imam Shamsi Ali (Presiden Nusantara Foundation)

Salah satu kenikmatan hidup yang Allah siapkan bagi hamba-hambaNya adalah pernikahan. Pernikahan adalah sebuah peristiwa penting dalam hidup manusia. Bahkan tidak mengherankan jika aturan yang paling detail dalam agama ini adalah urusan rumah tangga.

Betapa tidak. Dari awal proses mencari calon pasangan hidup, hingga pernikahan itu sendiri. Dari urusan paling privat (hubungan suami isteri), hingga ke pendidikan anak. Dari bagaimana menumbuh suburkan tali ikatan keluarga, hingga (Semoga tidak terjadi) ketika harus terjadi perceraian. Dari ketika anak lahir, hingga ketika ada yang meninggal dunia dengan urusan warisan. Semuanya diatur secara jelas dan detail oleh agama ini.

Pertanyaaannya kenapa pernikahan menjadi sangat penting dalam hidup?

Tentu jawabannya banyak. Tapi salah satunya adalah karena hidup secara keseluruhan adalah instiusi. Hidup manusia itu sebuah institusi yang rapih. Semua telah diatur sedemikian rupa oleh Pengatur dan Pemilik kehidupan. Dan bagian pertama yang terbangun dari institusi ini adalah pernikahan itu sendiri.

Kita kenal dalam sejarah bahwa sejak Allah menciptakan manusia (Adam), sejak itu pula manusia itu tidak merasakan ketentraman tanpa pasangannya. Karenanya atas dasar kasih sayangNya jua pasangan baginya (Hawa) diciptakan. Dan sejak itu pula perkawinan atau pernikahan menjadi intitusi solid dalam hidup manusia.

Sejak itu pula institusi ini menjadi sakral (suci) dan menjadi jalan kesucian hidup. Bahkan dalam semua tradisi keagamaan manusia perkawinan atau pernikahan ini dilakukan dengan penuh kesakralan, melibatkan Tuhan di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here