Mantap! Jumlah Restoran Halal di Jepang Meningkat 45 Kali Lipat

348
Makanan Halal Jepang (Foto: Arab News)

Jepang, Muslim Obsession – Selama Pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 nanti, atlet Muslim dan turis tidak perlu khawatir untuk menemukan makanan halal di Jepang.

Sejak 2013, jumlah restoran halal melonjak dari yang awalnya hanya empat restoran menjadi 180 restoran, termasuk perusahaan santapan yang menyajikan hidangan tradisional Jepang.

Pada tahun 2014, Kanda University of International Studies membuka kafetaria Shokujin, yang disertifikasi oleh Nippon Asia Halal Association. Rantai populer Curry House CoCo Ichibanya juga membuka cabang Akihabara halal pada tahun 2017.

Restoran itu mengatakan, “Ketika orang-orang dari berbagai agama dan budaya mengunjungi Jepang, kami ingin mengembangkan sebuah restoran di mana umat Islam dapat menikmati makanan yang bebas dari kekhawatiran.”

Ditambahkan bahwa meskipun tidak mudah untuk mendapatkan beberapa bahan, pengalamannya dengan cabang Akihabara halal akan memungkinkan mereka untuk berkembang lebih jauh.

Daging sapi wagyu Jepang, yang telah menjadi hits di dunia Arab karena rasanya yang kaya dan kelembutan, juga disajikan halal di negara asalnya. Halal Wagyu Yakiniku Panga di bangsal Taito Tokyo bercabang dari perusahaan yang sudah mapan untuk mengakomodasi konsumen halal.

“Saudari saya bekerja di Indonesia antara 2015 dan 2017, dan ketika dia meminta teman-teman Muslimnya di Indonesia untuk datang ke Jepang, mereka berkata tidak ada apa-apa yang bisa dimakan oleh mereka, karena sulit menemukan restoran halal di Jepang. Ketika kami mendengar ini, kami pikir itu menyedihkan karena ketika kami bepergian kami ingin memiliki makanan lokal, tetapi Muslim yang datang ke Jepang kesulitan menemukan tempat di mana mereka bisa makan,” ucap Sung Gi Hong, direktur dan manajer Panga, mengatakan kepada Arab News, Selasa (14/1/2020).

Rantai restoran telah berjalan sejak 1999, dan memperoleh sertifikasi halal pada 2015 dari Japan Halal Foundation. Hong mengatakan Panga menarik sejumlah besar pelanggan Muslim.

“Banyak orang datang untuk mencoba A5 Premium Wagyu Platter kami, karena memungkinkan mereka untuk menikmati berbagai potongan daging sapi wagyu dan steak sirloin berkualitas berbeda,” tambah Hong.

Shinjuku Gyoen Ramen Ouka adalah restoran lain yang memasak hidangan halal di salah satu daerah tersibuk di Tokyo.

“Kami melayani pilihan halal dan vegan di Ramen Ouka untuk membantu mempromosikan sikap saling pengertian,” kata pemilik Niuma Megumi Wachi.

Restoran ini menyajikan pilihan ramen vegetarian dan vegan bagi mereka yang ingin menghindari kaldu berbasis daging babi tradisional. Outlet halal lain terdapat di Tokyo termasuk Asakusa Sushi Ken, Sumiyakiya Halal Grill, Hanasaka Ji-san dan KO-SO Cafe Biorise.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here