Mansa Musa, Raja Muslim Terkaya Sepanjang Masa

417
Raja Muslim Terkaya (Foto: About Islam)

London, Muslim Obsession – Meskipun pendiri Amazon Jeff Bezos adalah orang terkaya di dunia, kekayaannya jauh lebih rendah daripada Mansa Musa, Raja Mali kuno yang menjadi orang terkaya sepanjang masa.

“Akun kontemporer tentang kekayaan Musa begitu terengah-engah sehingga hampir tidak mungkin untuk mengetahui seberapa kaya dan kuat dia sebenarnya,” kata Rudolph Butch Ware, associate professor sejarah di University of California, kepada BBC.

Mansa Musa adalah cicit buyut Sunjata, yang merupakan pendiri kekaisaran Mali. Pemerintahannya selama 25 tahun (1312-1337 M) digambarkan sebagai zaman keemasan kekaisaran Mali.

Di bawah pemerintahannya, kerajaan Mali tumbuh secara signifikan. Dia mencaplok 24 kota, termasuk Timbuktu. Kerajaan itu membentang sekitar 2.000 mil, dari Samudra Atlantik hingga Niger modern, mengambil bagian dari apa yang sekarang disebut Senegal, Mauritania, Mali, Burkina Faso, Niger, Gambia, Guinea-Bissau, Guinea dan Pantai Gading.

Pada 2015, Jacob Davidson menulis tentang raja Afrika untuk Money.com dengan mengatakan bahwa kekayaan Mansa Musa tidak bisa digambarkan oleh siapa pun.

Pada 2012, situs web AS Celebrity Net Worth memperkirakan kekayaannya sebesar $ 400 miliar, tetapi para sejarawan ekonomi sepakat bahwa kekayaannya tidak mungkin dijabarkan.

“Sebagai penguasa, Mansa Musa memiliki akses hampir tak terbatas ke sumber kekayaan yang paling bernilai di dunia abad pertengahan,” kata Kathleen Bickford Berzock, yang berspesialisasi dalam seni Afrika di Block Museum of Art di Universitas Northwestern, seperti dilansir About Islam.

“Pusat-pusat perdagangan utama yang berdagang emas dan barang-barang lainnya juga berada di wilayahnya, dan dia mengumpulkan kekayaan dari perdagangan ini,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here