Manisnya Manfaat Pare untuk Kesehatan

107

Muslim Obsession – Tak banyak orang suka mengkonsumsi pare karena rasanyanya yang pahit. Namun nyatanya, Pare ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki kandungan gizinya yang tergolong tinggi.

Pare juga mempunyai khasiat sebagai obat, sehingga masyarakat di Tanah Air seringkali memanfaatkannya sebagai bahan ramuan jamu.

Mengutip Dokterzone, Pare mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A. C, E, B1, B2, B3, B9. Selain itu pare juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, serta mengandung antioksidan seperti fenol, dan flavonoid.

Pare menjadi sumber katekin, asam galat, epicatechin, dan asam klorogenat di mana merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Untuk memasaknya, mulailah dengan mencuci Pare dan potong secara memanjang. Kemudian bersihkan biji dari bagian tengah dan potong menjadi irisan tipis.

Selain dimasak sebagai sayur maupun tumis, Pare juga bisa dimasak dalam berbagai resep. Saat ini sudah banyak loh yang mengkonsumsi Pare dengan dijus bersama buah atau sayuran lain. Soal rasa, Anda bisa menyesuaikan dengan selera. Selain itu, Pare juga biasa dijadikan pelengkap salad atau dimasak dengan cara ditumis.

Lalu, apa saja manfaat Pare bagi kesehatan tubuh?

Menurunkan kadar kolesterol

Seperti diketahui, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di arteri sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Bahkan ekstrak pare secara signifikan dapat mengurangi kadar kolesterol. Sebab itu, pare sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi namun tetap dengan dosis yang tepat.

Mengurangi gula darah

Pare dikenal luas memiliki manfaat untuk mengatasi masalah diabetes. Sebuah studi yang dilakukan selama 3 bulan pada 24 orang dewasa dengan diabetes menunjukkan bawah mengonsumsi 2.000 mg pare setiap hari bisa menurunkan gula darah.

Melawan kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Pare mengandung senyawa tertentu yang memiliki sifat anti-kanker. Ekstrak pare sendiri efektif dalam membunuh sel kanker lambung, usus, paru-paru, dan nasofaring. Ekstrak Pare mampu memblokir pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut bagaimana pare dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker ketika dikonsumsi dalam jumlah normal.

Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang memiliki program penurunan berat badan, bisa mengkonsumsi Pare. Sayuran ini rendah kalori namun tinggi serat. Serat akan melewati saluran pencernaan dengan sangat lambat dan dapat membantu membuat perut menjadi kenyang lebih lama serta mengurangi nafsu makan. Pare juga diketahui memiliki efek yang menguntungkan pada pembakaran lemak. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here