Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

1093

4) Mencerahkan kulit. Di saat banyak orang hari ini sibuk dengan berbagai perawatan untuk mencerahkan kulitnya, sesungguhnya orang Islam sudah memiliki solusinya sejak 1500 an tahun lalu. Ialah berwudhu. Coba perhatikan, mengapa di raut wajah orang-orang shaleh seperti terpancar aura bercahaya. Wajahnya cerah yang meneduhkan. Bukan cerah tersebab perawatan jutaan. Apakah ulama dan tokoh agama juga perawatan? Ya, merekalah para pegiat wudhu, menjaga kesucian dirinya dengan sangat baik. Hingga terpancar dari wajahnya cahaya cerah. Tanpa harus repot pergi ke salon dengan biaya yang tidak sedikit.

Pakar kecantikan berujar, bahwa dengan berwudhu akan mampu menghilangkan kotoran membandel dari wajah seseorang. Sehingga dengan wudhu tersebut, wajahnya menjadi lebih segar dan bersih.

5) Mencegah penyakit kulit. Kuman serta bakteri tidak jarang menyebar dari bagian tubuh yang sering bersentuhan langsung dengan benda-benda, seperti tangan dan kaki. Menjaga wudhu termasuk sesaat sebelum tidur merupakan kebiasaan yang baik untuk membersihkan bagian-bagian itu dari kuman. Sebab ketika kuman serta bakteri itu menempel pada kasur tempat di mana kita tidur setiap hari, maka kemungkinan akan menyebar dan menjangkiti tubuh semakin besar.

Kemudian bagian wajah yang juga sangat penting dijaga kebersihannya. Aktivitas sehari-hari jelas menyisakan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Sebab itu perlu untuk membersihkannya sebelum hendak tidur. Terapi menghilangkan jerawat dengan berwudhu pun sudah dilakukan oleh cukup banyak orang. Dan sebagian dari mereka telah mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

6) Menormalkan detak jantung. Seorang dokter ahli jantung, Ahmad Syauqy di London pernah melakukan sebuah penelitian dan menemukan. Ketika seseorang berwuhdu, maka ada proses di mana detak jantungnya menuju titik stabil atau kembali normal.

Kesehatan jantung memang penting, sebab ianya menjadi paling sentral di tubuh manusia. Kerja jantung yang tidak stabil atau seringkali berdetak di atas batas normalnya akan memungkinkan seseorang menderita sebuah penyakit disebabkan lelahnya kerja jantung. Karenanya berwudhu sangat bermanfaat untuk menjaga kerja organ paling utama di tubuh kita, agar tidak terserang oleh gejala-gejala penyakit yang sangat berbahaya.

7) Menyembuhkan insomnia. Penyakit insomnia memang sangat mengganggu siapa pun yang menderitanya. Sebab tidur merupakan kebutuhan setiap orang yang ada batas minimalnya. Jika tidurnya terganggu, maka dalam jangka waktu tertentu ia akan merasakan bagian-bagian di tubuhnya pun ikut terganggu. Karena saat tidur, sel akan reproduksi secara dengan maksimal. Berbeda ketika seseorang tidak tidur. Maka penting sekali mengistirahatkan diri dengan tidur minimal 4 jam dalam satu hari.

Bila anda termasuk yang susah tidurnya atau menderita insomnia, maka cobalah merutinkan berwudhu sebelum tidur. Kemudian iringi prosesnya dengan terus berdzikir pada Allah. Amalan ini telah dibuktikan oleh tidak sedikit orang yang kemudian berhasil sembuh dari serangan insomnia. (Vina)

1
2
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here