Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

64
Wudhu (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Wudhu sudah menjadi hal yang sangat dekat dengan umat Muslim sebab menjadi salah satu cara untuk bersuci saat akan menunaikan ibadah dalam agama Islam. Wudhu juga menjadi cara yang suci sebelum menginjak sajadah dan memakai mukena saat shalat atau melakukan ibadah suci dan menjadi salah satu sunnah sebelum tidur serta yang lain.

Nabi Muhammad Saw. ternyata juga melakukan wudhu sebelum tidur dan menjadi kebiasaan baik serta membawa pengaruh yang baik juga untuk seseorang yang melakukannya. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai keutamaan wudhu sebelum tidur dalam agama Islam.

1) Terbebas dari kuman jahat. Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa kuman akan mudah menempal pada apa saja benda yang ada di sekitar kita. Semisal remot televisi, pegangan pintu, pena, buku, laptop dan peralatan lain yang sering kita gunakan sehari-hari. Sebab itu penting untuk rutin membersihkan tangan agar kuman yang menempel tidak menyebar kemana-mana.

Berwudhu menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk membersihkan tangan dari jangkitan kuman-kuman. Penelitian terakhir menjelaskan, bahwa dengan berwudhu, seseorang dapat terhindar dari kuman yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatannya.

2) Struktur wudhu yang menyehatkan. Wudhu ialah membersihkan diri dari hadas atau kotoran yang menempel pada tubuh. Sebagaimana hakikatnya, bila kita perhatikan, wudhu memang memiliki struktur yang bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Ketika tidur, kuman dan bakteri yang masih menempel pada tubuh akan dengan mudah menjangkit dan mengganggu kesehatan. Sebab itulah para pakar kesehatan menganjurkan untuk membasuh wajah, menyikat gigi, dan beberapa aktivitas lain yang ditujukan untuk menghilangkan kuman-kuman.

Coba perhatikan, bila seseorang berwuhdu, berarti ia bukan hanya membasuh telapak tangannya, bukan hanya membersihkan bagian mulutnya, bukan juga sekadar membersihkan wajahnya, Tetapi hampir seluruh bagian tubuh dibersihkan. Hingga bagian hidungnya, rambut hingga telinganya, tangan sampai ke sikunya, hingga kaki sampai ke matanya. Semua bagian penting ini dibersihkan ketika seseorang berwudhu. Maka di saat tidur, semua anggota tubuh dalam keadaan bersih dan terhindar dari kuman-kuman berbahaya. InsyaAllah.

3) Relaksasi otot. Di saat siang hari, otot manusia terus bekerja menunjang aktivitas yang dilakukan. Otot-otot yang rutin digunakan itu juga perlu mendapatkan perawatan atau biasa disebut dengan relaksasi. Pada aktivitas berwudhu, terdapat beberapa gerakan yang mampu membuat otot menjadi rileks.

Secara psikologis, seseorang yang telah berwudhu akan mengalami keadaan tubuh yang lebih rileks. Serta anggota tubuh yang kembali dalam kondisi segar. Sehingga saat tidur, anda tidak terganggu oleh rasa kurang nyaman tersebab beberapa bagian tubuh yang keram atau terasa sakit.

1
2
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here