Manfaat Program Indonesia Berdaya Dompet Dhuafa Bagi Petani

1267
Petani Buah Naga
Petani Buah Naga (Foto: @Edwin Budiarso)

Subang, Muslim Obsession – Untuk memberikan pengalaman bagi para donatur atau para mitra Program Indonesia Berdaya, Dompet Dhuafa mengundang langsung untuk memetik hasil panen dari lahan pertanian buah naga yang berada di Desa Cirangkong, Subang, Jawa Barat.

Direktur Utama Dompet Dhuafa Imam Rulyawan mengatakan, setiap tahun bahkan dalam periode Desember sampai April pihaknya selalu mengundang para donatur, para mitra, para bloger, dan para youtuber untuk melihat dan merasakan bagaimana program-program pemberdayaan dompet dhuafa yang sumber dananya dikumpulkan dari donatur berupa zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf.

“Jadi dari Desember sampai musim panen buah naga ini sekitar bulan April. Terus menerus hampir setiap bulan ada program seperti ini. Jadi akan menjadi agenda tahunan,” ujar Imam kepada Muslim Obsession, Ahad (7/1/2018).

Selain itu penghasilan dari pemberdayaan ini, Dompet Dhuafa bisa memberikan manfaatnya untuk para petani yang mengelola lahan pertanian buah naga. “Pendapatan para petani kita, kalau rata-rata perbulan sekarang Alhamdulillah sudah satu setengah kali di atas Upah Minimum Regional (UMR) Subang, jadi kalau UMR Subang misalnya 1,2 juta paling tidak mereka sudah hampir sekitar 3 juta kurang sedikit,” jelasnya.

“Kalau dari total keuntungannya itu bisa sampai 20 persen tetapi dari keuntungan yang 20 persen itu yang perlu di catat 80 persennya untuk kaum dhuafa dan para petani, 20 persen yang dikelola oleh Dompet Dhuafa dikembangkan lagi untuk pengembangan lahan-lahan berikutnya,” tambahnya.

Program Indonesia Berdaya merupakan program yang kaya akan pemberdayaan baik bagi kemandirian ekonomi maupun pemberdayaan edukasi yang dikelola secara baik dan teratur, untuk mengembangkan dan mengemas pemberdayaan ekonomi secara produktif. (Iqbal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here