Manfaat Minum Air Setelah Bangun Tidur, Mulai Keluarkan Racun Hingga Cegah Batu Ginjal

338

Muslim Obsession – Rutin minum air putih setelah bangun tidur merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tak mahal, bahkan sangat murah dan mudah.

Kendati demikian, meski banyak orang tahu jika minum air putih setelah bangun tidur sangat dianjurkan, namun nyatanya tak banyak yang melakukannya. Padahal jika aktivitas itu rutin dilakukan, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Secara umum, seluruh organ tubuh memerlukan air agar dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, kita harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih.

Air merupakan zat penting yang menyusun 50% – 60% komposisi tubuh. Di dalam tubuh, air memiliki beragam fungsi, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, hingga membantu ginjal untuk membersihkan kotoran dari dalam tubuh.

Baca juga: Minum 8 Gelas Perhari, Yuk Kenali Jenis Air Putih yang Dikonsumsi

Nah, bagaimana dengan minum air putih setelah bangun tidur? Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaatnya:

1. Meningkatkan daya tahan

Setelah seharian bekerja, seringkali kita tak sadar sudah berapa banyak air yang diminum. Apalagi jika bekerja di ruangan ber-AC, kebutuhan tubuh terhadap cairan sering dilupakan karena tubuh tak banyak mengeluarkan keringat.

Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Dan meminumnya saat perut kosong bisa membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang berhubungan dengan cairan getah bening di tubuh, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun di tubuh kita.

2. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat lain minum air putih setelah bangun tidur adalah membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urin.

Baca juga: Ini Manfaat Minum Air Putih yang Sering Diremehkan Banyak Orang

3. Mengendalikan keinginan makan

Saat pagi, beberapa orang sering merasa lapar. Sebenarnya ini hal yang wajar, mengingat lambung berada dalam keadaan kosong sepanjang malam. Namun efeknya, lapar seringkali mendorong kita untuk makan terlalu banyak saat sarapan.

Kondisi ini bisa dikurangi jika kita minum air putih setelah bangun tidur. Minum air putih dapat mengisi lambung dan meregang dinding lambung, sehingga memberikan efek kenyang.

4. Menjaga kesehatan serta kecantikan kulit dan rambut

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Bahkan, kebiasaan ini diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembab.

Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan dehidrasi sehingga rambut menjadi kering. Nah, minum air setelah bangun tidur bisa memberi cukup nutrisi untuk rambut agar tidak mudah rapuh.

Baca juga: Nasi Putih Bikin Mengantuk, Mitos atau Fakta?

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Rutin minum air putih setelah bangun tidur juga diklaim bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Cara ini diyakini dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, minum air putih setelah bangun tidur membuat usus besar jadi lebih siap untuk menyerap nutrisi. Minum air putih di pagi hari juga bisa mencegah asam lambung naik, sehingga mencegah gangguan pencernaan. Metabolisme yang baik memengaruhi sistem pencernaan yang baik juga.

6. Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih

Minum air putih saat perut kosong bisa mengencerkan asam yang jadi penyebab batu ginjal. Nah, jika kita minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh, kita bisa terlindung dari infeksi kandung kemih yang disebabkan racun di tubuh.

Terakhir, agar rutinitas tersebut mendapat ridha dan berkah dari Allah subhanahu wa ta’ala, biasakan membaca ‘Basmalah’ dan minum dengan tangan kanan. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here