Manfaat Menakjubkan Buah Stroberi, di Antaranya Baik untuk Imun dan Perokok

58

Muslim Obsession – Buah stroberi memiliki rasa dan aroma yang memikat. Buah yang satu ini merupakan sumber nutrisi yang luar biasa, termasuk vitamin A, kalium, kalsium, magnesium, dan folat. Stroberi juga termasuk buah yang kaya vitamin C.

Nur Ecem Baydı Ozman, spesialis nutrisi dan diet di Rumah Sakit Acıbadem Kozyatağı, menjelaskan bahwa stroberi harus dimakan dalam jumlah sedang, seperti buah apa pun.

Sebanyak 10-12 stroberi berukuran sedang dapat dikonsumsi per hari, dan jumlah stroberi ini memenuhi lebih dari setengah kebutuhan vitamin C harian.

Namun, karena mengandung terlalu banyak oksalat, buah ini dapat menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Stroberi juga dapat menyebabkan pembentukan pasir di ginjal jika tidak dicuci dengan baik.

Lalu, apa saja aspek baiknya?

Berikut 12 manfaat buah stroberi yang mungkin belum Anda ketahui:

Mendukung sistem kekebalan tubuh

Vitamin C adalah salah satu vitamin terpenting yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Stroberi adalah salah satu buah yang paling kaya vitamin C, Ozman mengatakan bahwa untuk mendapatkan manfaat dari kandungan vitamin C, ada baiknya memakan stroberi segar.

“Jika memungkinkan, konsumsilah stroberi tanpa dimasak atau dibuat selai. Ada banyak kehilangan vitamin C jika Anda membiarkannya terlalu lama bersentuhan dengan udara dan selama memasak,” katanya, dilansir Daily Sabah.

Efektif melawan anemia

Stroberi adalah buah yang kaya akan folat, yaitu vitamin B-9. Berkat folat yang dikandungnya, mereka efektif dalam produksi sel darah merah yang sehat. Kekurangan folat dapat menyebabkan anemia, dan juga berperan dalam pembentukan dan regenerasi sel-sel dalam tubuh. Bagi wanita selama masa subur mereka, sangat penting untuk mengonsumsi cukup folat setiap hari.

Meningkatkan kesehatan kulit

Kulit biasanya memiliki konsentrasi tinggi vitamin C. Berkat stimulasi sintesis kolagen, vitamin C memberikan elastisitas kulit dan memberikan penampilan yang hidup, menunda pembentukan kerutan. Ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan cukup vitamin C setiap hari untuk kesehatan kulit.

Musuh kolesterol

Berkat vitamin C, antosianin dan serat, stroberi membantu meningkatkan profil lipid darah dengan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida.

Baik untuk kesehatan jantung

Flavonoid merupakan kelompok utama senyawa fenolik pada stroberi, yaitu fitokimia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena sifat bioaktifnya. Senyawa ini melawan radikal bebas dan mengurangi pembentukan stres oksidatif, mencegah aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan membantu menjaga tekanan darah pada tingkat normal.

Memperkuat memori

Asam askorbat, atau vitamin C, berperan dalam pembentukan selubung yang menutupi sel-sel saraf di otak dan dalam komunikasi antara sel-sel ini. Komunikasi antara sel-sel ini sangat penting dalam memperkuat fungsi mental seperti memori, pengambilan keputusan dan mengingat.

Membantu mengontrol berat badan

Stroberi dapat membuat Anda merasa kenyang berkat kandungan air dan daging buahnya yang tinggi.

“Indeks glikemik stroberi, yang merupakan ukuran seberapa cepat makanan menyebabkan kadar gula darah kita naik, tidak tinggi. Dengan cara ini, itu berkontribusi pada keseimbangan gula darah,” ucap Ozman.

Jadi, makan stroberi dapat membantu Anda mempertahankan pola makan.

Membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh merokok

Perokok memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dalam darahnya. Ketika spesies oksigen reaktif, yang merupakan molekul kimia yang sangat reaktif terbentuk karena penerimaan elektron dari molekul oksigen (O2), meningkat dalam tubuh, kerusakan jaringan tidak dapat dihindari.

Spesies oksigen reaktif berfungsi sebagai molekul pensinyalan sel untuk proses biologis normal. Namun, generasi spesies oksigen reaktif juga dapat memicu kerusakan pada beberapa organel dan proses seluler, yang pada akhirnya dapat mengganggu fisiologi normal.

Oleh karena itu, perokok membutuhkan antioksidan yang lebih banyak menetralkan spesies oksigen reaktif daripada bukan perokok. Dalam hal ini, berkat kandungan vitamin C-nya, stroberi membantu perokok mengimbangi kekurangan vitamin C.

Mereka juga membantu melawan spesies oksigen reaktif, sehingga mengurangi stres oksidatif, yang didefinisikan sebagai ketidakseimbangan antara produksi spesies oksigen reaktif dan kapasitas antioksidan sel, dan mencegah kerusakan jaringan.

Mengatasi sembelit

Kandungan air dan serat yang tinggi mengoptimalkan fungsi usus dan dengan demikian mencegah sembelit. Selain itu, mereka berkontribusi pada kesehatan usus dengan mencegah masalah usus dan juga memainkan peran protektif terhadap kanker usus besar dengan vitamin antioksidan dan senyawa yang dikandungnya.

Memperkuat gusi

Vitamin C membantu menjaga gusi tetap kuat dan sehat, yang juga berarti gigi lebih kuat. Untuk alasan ini, orang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang tidak mencukupi dapat mengembangkan masalah gusi. Stroberi, yang merupakan sumber vitamin C yang baik, membantu menjaga kesehatan mulut.

Melindungi dari kanker

Stroberi telah terbukti membantu melindungi terhadap kanker berkat anthocyanin yang dikandungnya.

“Anthocyanin secara alami ditemukan dalam buah merah memiliki sifat antioksidan dan membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Mereka juga memainkan peran protektif terhadap kanker dengan efek anti-inflamasi dan antimutagenik (pelindung terhadap mutasi gen yang berpotensi berbahaya),” ujar Ozman.

Membantu menjaga keseimbangan gula darah

“Anda cenderung tertarik pada makanan manis berkarbohidrat tinggi karena gula darah Anda turun setelah tetap lapar selama beberapa waktu,” ungkap Ozman.

“Mengonsumsi 10-12 stroberi berukuran sedang dan beberapa kacang kenari di sore hari akan membantu Anda menjaga keseimbangan gula darah dan mengontrol porsi makan Anda selanjutnya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here