Manfaat Madu Tertulis dalam Al-Quran

233
Ilustrasi. Foto net.
Ilustrasi. Foto net.

Jakarta, Muslim Obsession – Kasiat Madu sebagai obat dari berbagai macam penyakit yang diderita manusia merupakan salah satu keistimewaan cairan manis yang diproduksi oleh lebah tersebut. Bahkan dalam Al-Quran Surat An-Nahl Ayat 68-69, Allah telah menjelaskan tentang khasiat madu ini.

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (Al-Quran Surat An-Nahl Ayat 68-69).

Dikutip dari Alodokter, Madu memiliki beberapa kandungan vitamin, di antaranya vitamin E, vitamin C, asam amino, serta mineral seperti zinc, zat besi, air, gula, antioksidan, flavonoid dan fenolat.

Dilihat dari ranah medis, Madu ternyata memiliki sejuta kasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Diantaranya Madu bisa meredakan batuk, bisa menyembuhkan luka, diabetes, serta sariawan akibat radioterapi.

Batuk

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur dan lendir. Hal tersebut bisa membasahi tenggorokan sehingga meredakan batuk. Mengonsumsi madu sebelum tidur mungkin bisa mengurangi batuk pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia dua tahun ke atas. Madu tidak boleh diberikan sebagai obat batuk pada bayi atau karena alasan lain karena dapat menyebabkan keracunan.

Penyembuhan luka

Anda bisa mencoba mengoleskan madu olahan atau krim mengandung madu pada kulit yang terluka. Nutrisi dan bahan kimia lainnya pada madu dipercaya bisa mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangi rasa sakit, mengurangi infeksi, meningkatkan kinerja sel-sel yang terlibat dalam penyembuhan luka, mengurangi nanah, serta bau tidak sedap pada luka. Jenis-jenis luka yang mungkin bisa disembuhkan oleh manfaat madu adalah luka bakar, lecet, luka pascaoperasi, dan borok atau ulkus kaki kronis. Namun, penelitian menunjukkan madu tidak terbukti dapat mengobati jerawat.

Diabetes

Manfaat madu ternyata juga baik dalam penanganan penyakit diabetes. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi madu setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Tidak hanya itu, kadar kolesterol dan berat badan penderita diabetes juga bisa menurun karena manfaat madu. Namun sejauh ini masih perlu diteliti lebih jauh mengenai jenis madu apa yang bermanfaat paling baik untuk membantu mengobati kondisi tersebut.

Sariawan akibat radioterapi

Mengonsumsi madu sekitar 20 ml mungkin bisa mengurangi tingkat keparahan sariawan, serta penurunan berat badan dan nyeri saat menelan akibat terapi radiasi dalam pengobatan kanker di kepala dan leher. Penelitian menunjukkan bahwa pasien yang diberi madu pasca terapi radiasi di kepala mengeluhkan nyeri lebih ringan dibandingkan mereka yang tidak.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan dampak positif dari manfaat madu untuk beberapa kondisi di atas. Namun untuk memperkuat bukti ilmiah tersebut, masih diperlukan penelitian lebih lanjut dengan sampel populasi yang lebih baik. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here