Manfaat Jus Seledri, Turunkan Berat Badan Hingga Jaga Kesehatan Jantung

374

Muslim Obsession – Seledri ternyata tak cuma berfungsi sebagai hiasan pada sebuah makanan. Jenis sayuran yang biasa diris dan ditaburkan ke makanan ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Meskipun ukurannya kecil, daun seledri memiliki beberapa kandungan unggulan, di antaranya kandungan antioksidan yang tinggi, utamanya jenis senyawa fenolik dan flavonoid. Seledri juga mengandung zat ethanol dan methanol, tinggi kandungan vitamin C, K, kalium, asam folat, dan vitamin B6, serta memiliki kandungan cairan yang tinggi.

Tak cuma kandungan zat dan gizi, daun seledri terbukti memiliki aroma khas yang bisa memberikan rasa segar dan rileks dalam tubuh.

Lalu, bagaimana jika seledri disajikan dalam bentuj jus? Nah, ini lebih nikmat lagi.

Mengkonsumsi jus seledri secara rutin menjadi cara tepat untuk menambahkan asupan nutrisi ke dalam tubuh. Karena mengandung banyak air, seledri sangat bagus untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, jus seledri juga memiliki manfaat lain, di antaranya:

1. Menurunkan Berat Badan

Minum jus seledri secara teratur sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan. Jus seledri memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat. Sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi makan berlebihan.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi seledri setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol. Senyawa organic phthalides merangsang kerja empedu yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol. Penurunan kadar kolesterol juga dapat menurunkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C, serat dan senyawa kimia organic pada seledri dapat menjaga kesehatan kardiovaskular.

4. Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Efek diuretik pada seledri juga dapat bermanfaat untuk membantu mencegah infeksi saluran kemih pada wanita serta masalah pada ginjal.

5. Meredakan Nyeri pada Arthritis

Seledri memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di sekitar sendi. Sehingga seledri sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang menderita radang sendi, rematik, dan asam urat. Batang seledri memiliki efek diuretik yang membantu menghilangkan kristal asam urat di sekitar sendi.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Ekstrak seledri memiliki manfaat antihipertensi. Seledri memiliki kandungan phthalides yang merupakan senyawa kimia organik yang dapat menurunkan tingkat hormone stress dalam darah. Kandungan kalium pada seledri memiliki peran untuk merilekskan jaringan dinding pembuluh darah arteri. Kondisi ini dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya masalah pada sistem kardiovaskular.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seledri dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan tinggi vitamin C dan antioksidan. Mengkonsumsi sayuran yang tinggi vitamin C secara teratur dapat mengurangi resiko terkena influenza dan penyakit menular lainnya.

8. Mendetoksifikasi Tubuh

Fungsi antioksidan yang terdapat pada seluruh bagian seledri dapat membantu tubuh untuk terhindar dari beberapa gangguan jika dikonsumsi secara teratur.

9. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Karena memiliki kandungan natrium, kalium dan mineral, seledri juga mampu membantu menjaga keseimbangan cairan pada tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here