Mana yang Efektif, Cuci Tangan Pakai Sabun atau Hand Sanitizer?

174

Jakarta, Muslim Obsession – Wabah corona telah memaksa setiap orang untuk kembali membiasakan hidup bersih. Selain menggunakan masker, dan jaga jarak, masyarakat juga diminta untuk rajin cuci tangan. Sejauh ini banyak orang yang melakukan cuci tangan dengan hand sanitizer.

Selain hand sanitizer, cuci tangan juga bisa dilakukan dengan menggunakan sabun. Lalu efketif mana untuk membunuh kuman, hand sanitizer atau menggunakan sabun?

Biasanya, hand sanitizer digunakan dalam keadaan darurat karena bisa membunuh kuman jika mengandung kadar alkohol minimal 60 persen. Tapi jika diliat lebih jauh, sabun dan air adalah cara paling efektif untuk menghilangkan bahan kimia, kuman, hingga virus corona.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika merekomendasikan untuk mencuci tangan selama setidaknya 20 detik. Hal ini untuk mencegah dan memastikan penyebaran virus yang menyebabkan COVID-19, mati.

Mengapa sabun dan air lebih baik?

Sebagai permulaan, ada batasan seberapa baik hand sanitizer. Dikutip dari Ucihealth, mengoleskan hand sanitizer mungkin lebih mudah. Tetapi jika kandungan alkoholnya rendah, tidak efektif membasmi semua jenis bakteri dan virus.

Adapun sabun dan air jauh lebih efektif untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit seperti cryptosporidium, norovirus dan Clostridium difficile. Sabun juga menyapu bakteri dan juga virus lain, yang bahkan lebih kuat dari virus corona sekali pun.

Studi menunjukkan bahwa, hand sanitizer bekerja dengan baik dalam pengaturan klinis, di mana tangan tidak terlalu kotor atau berminyak. Tetapi dalam lingkungan kerja dan masyarakat, hand sanitizer tidak cukup efektif.

Selain itu, hand sanitizer tidak efektif jika tangan tidak benar-benar kering.
Hand sanitizer juga tidak bisa menghilangkan bahan kimia berbahaya dari tangan.

Dalam satu penelitian, orang-orang yang menggunakan hand sanitizer masih ditemukan memiliki pestisida dalam tangan mereka.

Jika Anda telah menyentuh bahan kimia berbahaya, para ahli merekomendasikan untuk mencuci dengan hati-hati dengan sabun dan air.Hand sanitizer berbahan dasar alkohol aman bila digunakan sesuai petunjuk.

Tetapi di sisi lain, dapat menyebabkan keracunan jika tertelan, khususnya bagi anak-anak. Di Amerika Serikat, setidaknya ada 85.000 panggilan di mana anak-anak keracunan hand sanitizer dari 2011 hingga 2015.

Mengapa sabun lebih efektif?

Sabun yang dikombinasikan dengan air mengalir sejauh ini merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kuman dari tangan kita. Itu karena molekul sabun sendiri sangat efektif menghancurkan membran permukaan beberapa bakteri dan virus, termasuk virus corona.

Selain itu, menggosok tangan secara menyeluruh dengan sabun, menciptakan gesekan yang membantu mengangkat dan membersihkan kotoran, minyak, dan mikroba dengan air mengalir.

Setidaknya cuci tangan selama 20 detik, untuk benar-benar bisa membersihkan kuman dari tangan. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here