Malaysia Sponsori Haji Gratis Bagi Warga Miskin Filipina

237
Presiden Filipina Rodrigo Duterte (Foto: Batamnews)

Muslim Obsession – Sebuah yayasan Malaysia siap jadi sponsor bagi warga negara Muslim Filipina yang miskin untuk menjalankan ibadah haji gratis tahun ini. Demikian dikatakan Komisi Nasional Muslim Filipina (NCMF).

Duta Besar Malaysia untuk Filipina Norman Bin Muhammad membahas dengan pimpinan NCMF rincian awal tentang sponsor selama kunjungan kehormatan pekan lalu. Tuan rumah Sekretaris NCMF Saidamen Pangarungan menyambut tawaran itu sebagai kesempatan tambahan bagi warga Muslim Filipina yang miskin untuk melakukan haji gratis.

NCMF sebelumnya mengumumkan bahwa Presiden Duterte meningkatkan bantuan tahunan Istana untuk haji dari P10-juta menjadi P15-juta tahun ini untuk mensponsori 200 jamaah haji Filipina yang miskin.

Baca Juga: Presiden Filipina Akan Siapkan Haji Gratis bagi 200 Warga Miskin

Diskusi pekan lalu antara Pangarungan dan Duta Besar Muhammad memang menetapkan batas dalam jumlah slot haji yang disponsori yang akan dibiayai oleh Albukhary Foundation, sebuah entitas kemanusiaan Malaysia.

Dia mengatakan yayasan akan mewajibkan setiap pemohon atau calon untuk slot haji yang disponsori harus berusia 60 tahun ke atas, sehat secara fisik, miskin, jamaah pertama kali, dan memiliki persyaratan dasar termasuk paspor yang sah.

Sponsor memberi preferensi kepada para imam di setiap masjid berbasis di Filipina. Sama seperti 200 slot haji Presiden, kantor pusat NCMF akan melakukan proses penyaringan untuk sponsor Malaysia.

Pangarungan sebelumnya meyakinkan bahwa slot haji bagi 200 orang akan didistribusikan secara proporsional ke semua wilayah di negara Filipina. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here