Malawi, Negara Afrika Pertama yang Buka Kedubes Israel di Yerusalem

75

Malawi, Muslim Obsession – Menteri Luar Negeri Malawi mengumumkan pada Selasa (3/11/2020) bahwa negaranya akan menjadi negara Afrika pertama yang mengikuti jejak AS dengan membuka kedutaan besar untuk Israel di kota Yerusalem yang disengketakan.

“Saya yakin lebih banyak pemimpin Afrika akan mengikuti keputusan ini,” ujar Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan dengan mitranya dari Malawi, Eisenhower Mkaka, dilansir Al Araby.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada pemerintah Malawi atas keputusan penting untuk menjadi perintis, dan negara Afrika pertama yang mendirikan kedutaan besarnya di Yerusalem,” katanya.

Mkaka mengatakan dia menyampaikan pesan dari Presiden Lazarus Chakwera tentang keputusan untuk membuka kedutaan besar Yerusalem, diharapkan pada musim panas 2021.

Malawi memiliki hubungan diplomatik dengan negara Yahudi itu sejak 1964 tetapi tanpa membuka kedutaan.

Putus dengan praktik diplomatik yang sudah berlangsung lama, Presiden Donald Trump pada Desember 2017 mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan AS ke kota itu pada Mei.

Israel menganggap kota suci itu sebagai ibu kota abadi, tetapi Palestina menginginkan Yerusalem timur, yang direbut dalam perang Timur Tengah tahun 1967, sebagai bagian dari negara masa depan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here