Malangnya Warga Kongo, Dilarang Berhaji karena Takut Sebarkan Wabah Ebola

372
Haji (Foto: About Islam)

Jeddah, Muslim ObsessionArab Saudi telah melarang masuknya warga yang datang dari Republik Demokratik Kongo (DRC) karena kekhawatiran Ebola yang bisa menyebar selama haji.

“Pemberian visa kedatangan untuk orang-orang yang masuk dari DRC telah dihentikan, untuk melestarikan kesejahteraan peziarah,” kata Kementerian Luar Negeri Saudi, seperti diberitakan TRT World, Senin (29/7/2019).

Keputusan itu mengutip keputusan pekan lalu oleh Organisasi Kesehatan Dunia untuk menyatakan wabah Ebola sebagai darurat internasional. Virus ini telah menewaskan lebih dari 1.700 orang di Kongo sejak wabah terburuk kedua di dunia diumumkan hampir setahun yang lalu dan mengancam akan meluas ke perbatasannya.

Arab Saudi juga menangguhkan visa ziarah bagi para pelancong dari Guinea, Sierra Leone, dan Liberia selama penyebaran wabah Ebola yang menewaskan lebih dari 11.000 orang.

Menurut jajak pendapat oleh Kelompok Penelitian Kongo yang berbasis di New York, sekitar tiga persen populasi DRC adalah Muslim. Orang-orang dari Afrika sub-Sahara mengirim sekitar 10 persen dari lebih dua juta peziarah tahunan ke kota suci Makkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here