Malahayati, Laksamana Muslimah Pertama di Dunia

80
Laksamana Malahayati (Foto: mvslim)

Muslim Obsession – Muslimah pun bisa menorehkan sejarah dan prestasi. Mulai dari sains hingga seni rupa bahkan olahraga ekstrim, dan faktanya selalu ada ‘wanita pertama’ dalam segala hal.

Salah satunya ialah Aceh. Sosok Keumalahayati atau yang lebih dikenal sebagai Malahayati, adalah laksamana dan komandan wanita Muslimah pertama di dunia.

Kisah dan prestasinya lebih dari sekadar mengesankan. Dia sosok pemberani, terhormat, sukses dan mengagumkan. Tidak hanya perempuan, Malahayati adalah teladan dan inspirasi bagi semua orang.

Malahayati hidup pada periode Kesultanan Aceh selama abad ke-15 dan 16. Dia adalah keturunan dari pendiri Kesultanan Aceh Darussalam.

Bahkan, salah satu pendirinya adalah kakek buyutnya Sultan Ibrahim Ali Mughayat Syah. Ayah dan kakeknya adalah kedua laksamana yang sangat dihormati.

Malahayati pun tertarik dengan pekerjaan luar biasa yang digenapi ayahnya dan memutuskan untuk masuk Akademi Militer, setelah lulus dari Ma’had Baitul Maqdis.

Di sanalah dia mendapatkan pendidikan di Departemen Angkatan Laut dan Angkatan Darat. Setelah lulus dia menikahi cinta sejatinya, yakni seorang kandidat perwira Angkatan Laut.

Sayangnya, dia terbunuh selama Perang Teluk Haru melawan pasukan Portugis. Sebab itu, Malahayati bersumpah akan membalas dendam untuk suaminya, dengan bertekad untuk melanjutkan perjuangan suaminya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here