Makna “Santri Siaga Jiwa dan Raga” Menurut Kiai Ma’ruf

70
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. (Foto: FB)

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengajak para santri untuk mengimplementasikan semangat tema Hari Santri, yakni “Santri Siaga Jiwa dan Raga” dalam setiap aktivitas.

“Saya mengajak seluruh santri untuk betul-betul mengaplikasikan semangat tema Hari Santri tahun ini yakni “Santri Siaga Jiwa dan Raga” dalam seluruh gerak langkahnya baik pada aktivitas pendidikan, dakwah maupun pemberdayaan masyarakat,” ajak Wapres ketika membuka Webinar/Diskusi Online GATRA Media Group melalui konferensi video dari Kediaman Resmi Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

BACA JUGA: Wapres Dorong Santri Jadi Penggerak Perekonomian Nasional

Wapres menguraikan, kata “Siaga Jiwa” mengandung makna yang dalam, bahwa santri harus senantiasa menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, serta ajaran Islam yang rahmatan lil’alamin.

Kemudian “Siaga Raga” mengandung makna yang tidak kalah penting. Dengan semboyan ini berarti badan, tenaga, dan hasil karya santri didedikasikan untuk Indonesia. “Siaga Jiwa Raga” ini berkorelasi erat dan menjadi sangat penting di tengah upaya pengendalian penyebaran Covid-19 dan pemulihan dampaknya terutama di bidang ekonomi saat ini.

BACA JUGA: Menag: Santri adalah Pemenang Masa Depan

Menutup sambutannya, Wapres mengimbau baik pesantren, santri, maupun Kementerian dan Lembaga yang terlibat untuk terus meningkatkan sinergi dan koordinasi.

“Melalui kerja sama yang baik dari seluruh pihak maka fungsi pesantren dalam hal pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat akan dapat dijalankan secara lebih optimal, dan pada gilirannya akan dapat mendukung pemulihan dan penguatan perekonomian nasional secara nyata dan berkelanjutan,” imbaunya.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga memberi pesan kepada para santri agar selalu disiplin dan mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas dengan tetap melaksanakan 5M dan berpartisipasi aktif dalam mendukung percepatan vaksinasi. (Has/Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here