Makin Mesra, Indonesia dan Azerbaijan Jalin Kerja Sama di Bidang Olahraga

555

Baku, Muslim Obsession – Hubungan Indonesia dan Azerbaijan, saat ini, boleh dikatakan semakin mesra. Beragam kerja sama telah ditorehkan dua negara berpenduduk mayoritas Muslim ini.

Terbaru, kerja sama di bidang olahraga dilakukan untuk meningkatkan persahabatan dua negara beda benua tersebut.

Tepatnya, pada Kamis (19/2/2018), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, hadir bersama rombongan delegasi Indonesia untuk menghadiri 4th OIC Conference of Youth and Sports Minister. Konferensi itu diikuti oleh 40 delegasi dari negara-negara anggota OKI.

Pada kunjungannya itu, Imam juga bertemu Menpora Republik Azerbaijan, Rahimov Azad Arif, untuk membincang kerja sama lebih erat.

“Menpora Azerbaijan rencananya hadir dalam penyelenggaraan Asian Games di Indonesia. Azerbaijan sendiri telah sukses menjadi tuan rumah Euro Games 2015, Islamic Solidarity Games 2017, dan Formula 1,” tutur Imam usai pertemuan dengan Menpora Azerbaijan, Jumat (20/4/2018).

Salah satu agenda pertemuan adalah mendorong segera diselesaikannya MoU kerja sama di bidang kepemudaan dan olahraga. Seperti program pertukaran pemuda, pelatihan, pertukaran ahli, atlet, pelatih olahraga, dan lainnya.

“Sekarang sudah ada atlet Indonesia yang membantu Azerbaijan di cabang olahraga badminton. Kita akan terus dorong supaya makin banyak pelajar Azerbaijan belajar dengan Indonesia, misalnya dengan kegiatan coaching clinic,” tambah Imam.

Sebagai negeri yang terkenal memiliki kekayaan alam berupa minyak, jelas Imam, Azerbaijan tentu memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh para pemudanya. Hal itu dapat disinergikan bersama Indonesia dengan saling memberikan masukan yang menguntungkan kedua negara.

“Salah satunya peran pemuda dalam mengembangkan sektor pariwisata. Ini harus didukung dengan fasilitas memadai dari masing-masing negara. Poin ini bisa dituangkan dalam kerja sama antar kedua negara,” tegas Imam. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here