Makan Satu Telur Setiap Hari Baik untuk Kesehatan Jantung

267
Telur (Foto: splendidtable.org)

Jakarta, Muslim Obsession – Apakah Anda salah satu pecinta telur? Mulai sekarang tidak perlu khawatir, karena makan satu telur setiap hari baik untuk kesehatan jantung.

“Asupan telur yang secukupnya, yaitu sekitar satu telur per hari pada kebanyakan orang, tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau kematian bahkan jika orang itu memiliki riwayat penyakit kardiovaskular atau diabetes,” kata pemimpin penelitian Mahshid Dehghan, dilansir medicinenet, Jumat (7/2/2020).

Dia adalah peneliti di Population Health Research Institute (PHRI) dari McMaster University di Hamilton, Kanada. Penelitian, yang menganalisis data lebih dari 177.000 orang itu didanai oleh berbagai lembaga kesehatan pemerintah provinsi di Ontario, dan kelompok nirlaba yang berfokus pada kesehatan jantung.

Kelompok Dehghan meneliti data dari tiga penelitian internasional jangka panjang yang semuanya dilakukan di PHRI. Tiga studi tersebut melibatkan orang-orang dengan berbagai tingkat pendapatan yang tinggal di 50 negara di enam benua, sehingga hasilnya dapat diterapkan secara luas.

“Sebagian besar orang dalam studi mengaku mengonsumsi satu atau lebih sedikit telur sehari, menunjukkan bahwa tingkat konsumsi ini aman. Juga tidak ada hubungan yang ditemukan antara asupan telur dan kolesterol darah, komponennya atau faktor risiko lainnya,” tutur Dehghan dalam rilis berita McMaster.

Hasil ini kuat dan dapat diterapkan secara luas baik untuk individu yang sehat dan mereka yang menderita penyakit pembuluh darah. Telur merupakan sumber nutrisi penting yang tidak mahal, tetapi beberapa pedoman nutrisi telah menyarankan bahwa orang harus membatasi asupan hingga kurang dari tiga telur seminggu, karena kekhawatiran mereka meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tetapi seperti yang ditunjukkan oleh peneliti utama Salim Yusuf, penelitian sebelumnya tentang telur dan kesehatan telah menghasilkan temuan yang bertentangan.

“Ini karena sebagian besar studi ini relatif kecil atau sedang dan tidak termasuk individu dari sejumlah besar negara,” ujar Yusuf dalam rilis berita.

Dr. Guy Mintz, yang mengarahkan kesehatan jantung di Rumah Sakit Jantung Bass Sandra Atlas di Manhasset, NY, percaya telur adalah sumber nutrisi yang baik, dan ia menekankan bahwa tidak ada efek buruk yang terlihat, bahkan pada orang yang sudah memiliki penyakit jantung atau sedang minum obat.

Meski demikian, Audrey Koltun, ahli diet terdaftar di divisi endokrinologi anak di Pusat Medis Anak Cohen di Lake Success, N.Y. mengakui bahwa telur memang memiliki kadar kolesterol tinggi, tetapi di sisi lain telur juga sangat bergizi.

“Telur memiliki banyak vitamin dan mineral penting serta mengandung protein yang sangat berkualitas tinggi. Putih telur mengandung sebagian besar protein; kuning telur mengandung zat besi, fosfor, vitamin yang larut dalam lemak termasuk vitamin D, vitamin B, lemak sehat, dan nutrisi berharga lainnya,” ungkap Koltun. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here