Maju Calon Ketum PCNU Kabupaten Malang, Berikut Sosok Profil Kiai Syafaat

429

Malang, Muslim Obsession – Kiai Syafaat Muhammad menjadi salah satu ulama yang bakal mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kiprah dan perjuangannya dalam membesarkan NU pun tak diragukan lagi.

Kiai Syafat merupakan ulama yang lahir dari keturunan seorang yang alim. Ia merupakan pengasuh PP. MANABIUL HUDA Putra dari KH. Ma’shum Mukhtar, Rois Jatman Kab. Malang, dan Ibu Nyai Khodijah Yahya Putri KH. Yahya Gading dari Pesantren Malang Kota.

Ulama kelahiran 27 Maret 1973 ini pernah mondok di Pesantren Lirboyo, Kediri, juga menjadi pengajar di sana selama dua tahun. Sejak di pondok, Kiai Syafaat sudah aktif berorganisasi. Bahkan sampai saat ini ia masih aktif dalam keorganisasian NU.

Tercatat, Kiai Syafaat pernah menjadi Sekretaris MWC, Katib, Ketua MWC Turen, Sekretaris JATMAN Kab. Malang, dan telah 17 tahun berkecimpung di MWC Turen. Capaian demi capaian terus ia peroleh. Misalnya, Kemandirian NU Lewat program Koin NU. Pengakaderan dan pengelolaan kader MWC Turen.

KH. Abdul Halim Wakil Tanfidziyah Turen menilai, sosok Kiai Syafaat adalah seorang ulama muda NU yang bukan hanya cerdas, tapi juga punya komitmen yang tinggi untuk membesarkan NU dimanapun ia tinggal. Nasab ulamanya sudah jelas.

“Dari Jalur ibu, beliau adalah cucu dari Kiai Yahya Gading Pesantren. Pesantren sepuh di Kota Malang, waktu beliau banyak dihabiskan belajar di pesantren Lirboyo. Keilmuan dan keorganisasian diasah disini, dan merupakan piminan yang sangat peduli dengan bawahannya dan sangat mengayomi,” ujarnya melalui pesan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

Hal yang sama juga disampaikan oleh KH. Athoillah Jalal, Pengasuh PP. Darul Jalal, dan Penasehat PAC GP Anshor Pakis. Menurutnya, KIai Syafaat adalah seorang organisator handal diiringi keilmuan pesantren yang mumpuni serta sosok yang selalu tawadhu. “Beliau sangat sesuai dijadikan ketua PCNU Malang,” Tandasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here