Main Drum Bisa Bikin Otak Lebih Efisien

262

Muslim Obsession – Selama bertahun-tahun latihan, penabuh genderang tampaknya memodifikasi cara kedua sisi otak mereka berkomunikasi.

Menurut sebuah studi baru-baru ini, pemasangan kabel yang berjalan di antara dua belahan otak drummer secara signifikan berbeda dari non-musisi.

Sebuah studi terbaru berburu perubahan otak yang terkait dengan bermain drum. Bermain drum adalah keterampilan yang unik. Penabuh genderang dapat menyelesaikan tugas ritmis yang berbeda dengan keempat anggota tubuhnya secara bersamaan.

Koordinasi yang diperlukan ini tidak mungkin dilakukan oleh non-drumer. Seperti yang dijelaskan oleh penulis studi terbaru.

“Sementara kebanyakan individu dapat melakukan tugas motorik yang mudah dengan dua tangan pada tingkat yang sama, hanya sangat sedikit individu yang dapat melakukan tugas motorik halus yang kompleks dengan kedua tangan sama baiknya,” demikian dilansir Medical News Today, Rabu (18/12/2019).

Meskipun kemampuan drummer tidak biasa, sampai sekarang, tidak ada penelitian yang berfokus pada otak drummer.

Drum dan Otak

Baru-baru ini, sekelompok peneliti berangkat untuk menyelidiki perubahan otak yang berkaitan dengan drum.

Para penulis dari Klinik Universitas Bergmannsheil dan unit penelitian biopsikologi di Ruhr-Universität, keduanya di Bochum, Jerman, menerbitkan makalah mereka dalam jurnal Brain and Behavior.

Untuk menyelidiki, para ilmuwan merekrut 20 drummer profesional yang memiliki rata-rata 17 tahun pengalaman bermain drum dan berlatih selama rata-rata 10,5 jam setiap minggu.

Mereka juga merekrut 24 subjek kontrol yang tidak memainkan alat musik apa pun. Para ilmuwan menggunakan teknologi pemindaian MRI untuk mengukur berbagai aspek struktur dan fungsi otak mereka.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here