Mahfud MD: Ada Kelompok Provokator yang Ingin Memisahkan Papua dari Indonesia

74

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di luar banyak kelompok orang yang memprovokasi agar Papua memisahkan diri dari Indonesia. Ia mencurigai kelompok itu berasal dari dalam negeri yang bekerja sama dengan pihak asing.

“Di sana ada sekelompok orang yang ingin memisahkan diri, memisahkan Papua, bekerja sama dengan provokator-provokator warga negara asing maupun gerakan sendiri, itu melanggar hukum,” ujar Mahfud dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/10/20202).

Mahfud menegaskan bersatunya Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah final. Untuk itu, ia kata dia, tidak ada lagi celah negosiasi maupun upaya apapun supaya Papua bisa berpisah dengan Indonesia.

“Bagi Pemerintah Indonesia, kebersatuan Papua, baik Provinsi Papua maupun Papua Barat dengan NKRI sudah final, tidak ada jalan lagi, tidak ada negosiasi apapun untuk kemerdekaan, untuk memisahkan diri,” tegas dia.

Ia menambahkan, berdasarkan keputusan PBB pada 1963, bahwa Papua sah menjadi bagian dari Indonesia. Karena itu, ia menyatakan tidak ada peluang Papua berpisah dengan Indonesia.

“Hasil referendum itu sah dan tidak ada jalan lagi bagi Papua, bagi orang-orang tertentu di Papua, untuk meminta kemerdekaan,” terang Mahfud.

Belakangan, teror Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) meningkat sejak Senin (14/9/2020). Mereka bukan hanya menyasar para anggota TNI dan Polisi, tapi juga masyarakat sipil. Termasuk seorang pendeta juga menjadi korban dari kekejam KKB. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here