LPPOM MUI Adakan Uji Halal di Lab Indonesia 2018

771
Halal MUI

Jakarta, Muslim Obsession – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) akan mengadakan seminar, workshop dan booth pengujian halal, pada acara pameran Lab Indonesia 2018.

Acara tersebut akan berlangsung di Jakarta Convention Center, pada tanggal 4-6 April 2018 mendatang. Pelaksanaan acara tersebut, terkait meningkatnya riset dan layanan pengujian halal.

Laboratorium Halal LPPOM MUI berkerja sama dengan PT. ITE Exhibitions Indonesia (panitia pameran) dan beberapa sponsor.  Seminar yang mengambil tema Peran Laboratorium Dalam Proses Sertifikasi Halal MUI akan dilaksanakan pada Rabu, (4/4/2018), di ruang Merak 1 (lobi bawah), Jakarta Convention Center, pada pukul 13.00-17.00 WIB.

Kegiatan akan diawali dengan pemaparan proses sertifikasi halal MUI oleh Wakil Direktur Bidang Auditing dan Sistem Jaminan Halal LPPOM MUI, Ir Muti Arintawati, M.Si.

“Ibu Muti akan menjelaskan alur proses sertifikasi dan seberapa jauh pengujian laboratorium harus dilakukan. Setelah itu, Prof. Dr. Hj. Purwantiningsih, MS selaku kepala Laboratorium Halal LPPOM MUI akan menjelaskan mengenai pengujian yang dilakukan, metodenya serta beberapa tantangan dalam pengujian laboratorium,” rilis Halal MUI.

Sesi ini akan dilanjutkan dengan pemaparan perwakilan Halal Science Center mengenai perkembangan teknologi pengujian halal terkini. Juga sponsor mengenai teknologi terbaru yang ditawarkan. Seminar akan ditutup dengan sesi tanya jawab.

Di hari kedua, Laboratorium Halal akan menyelenggarakan Workshop Isolasi DNA dan PCR DNA Babi untuk Deteksi Kehalalan pada pukul 8.30-17.00 WIB (5/4/2018) di ruang Nuri 1 (lobi bawah), Jakarta Convention Center.

Peserta dari institusi universitas, lembaga riset pemerintah dan swasta akan mempraktekkan dan mendalami mengenai teknik isolasi DNA dan PCR untuk deteksi DNA babi pada sampel makanan. Kegiatan akan dipandu tim teknis Laboratorium Halal yang berpengalaman dalam pengujian, dipimpin oleh Bapak Heryani, S.Si.

“Pada kesempatan ini, peserta akan mendapat penjelasan produk yang bisa digunakan untuk analisa DNA babi sekaligus mencobanya,” tuturnya.

Selain acara di atas, Laboratorium Halal LPPOM MUI akan membuka booth di area Q04, yang menawarkan pengujian langsung dan gratis. Guna identifikasi spesies dan keaslian sampel kulit samak, seperti tas, sepatu dan dompet.

Bidang Sosialisasi dan Promosi Halal akan menawarkan layanan konsultasi sertifikasi halal. Terbuka untuk para pengunjung yang berminat melakukan sertifikasi produknya ke MUI. Pada kesempatan tersebut, Laboratorium Halal menawarkan diskon menarik dan merchandise bagi pendaftaran pengujian sampel di booth selama pameran berlangsung. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here