London Miliki Masjid Bersejarah, Ini Peringkatnya

898
Masjid Shah Jahan di Woking, London

Muslim Obsession – Inggris memberi peringkat untuk setiap masjid-masjid bersejarah yang ada di negaranya. Menteri Kehakiman Michael Ellis, menuturkan tujuan daftar peringkat tersebut ialah untuk melestarikan tempat-tempat ibadah.

“Bangunan bersejarah kami menceritakan tentang masa lalu dan masyarakat Inggris. Dengan mencantumkan masjid-masjid indah ini, kita tidak hanya melestarikan tempat-tempat ibadah yang penting, tapi juga merayakan warisan masyarakat Muslim yang kaya di Inggris,” ujarnya, sebagaimana dilansir situs berita Inggris, Selasa (13/3/2018).

Masjid Shah Jahan di Woking, peringkatnya telah ditingkatkan dari Grade II menjadi Grade I. Masjid pertama buatan Inggris tersebut lahir pada tahun 1889.

Masjid Shah Jahan

Sedangkan Masjid dengan gaya orientalis terdaftar di Grade II. Posisinya setara dengan situs Paviliun Brighton, Istana Buckingham dan Salar Jung Memorial Hall.

Masjid Brougham Terrace, Liverpool, yang dianggap sebagai masjid pertama yang berfungsi sepenuhnya di Inggris, telah ditingkatkan statusnya menjadi Grade II. Hal ini guna mencerminkan pentingnya menceritakan kisah kemunculan Islam di Inggris.

Masjid Brougham Terrace

Sementara itu, Masjid Pusat London Regent’s Park, baru terdaftar di Grade II. Masjid Pusat Kebudayaan Islam tersebut, dibangun sebagai titik pusat peribadahan Muslim di Inggris.

Sebenarnya, Masjid Pusat London Regent’s Park didirikan pada tahun 1910. Tapi, pemerintah di bawah Winston Churchill baru menyatakan masjid tersebut sebagai situs Islam pada tahun 1940-an. Sebagai pengakuan akan pentingnya Islam dalam masyarakat yang semakin multi-budaya dan di masa Kekaisaran.

Masjid Pusat London Regent’s Park

Pembangunan masjid ini adalah kolaborasi yang menggabungkan modernisme Inggris dengan bentuk-bentuk Islam yang bersejarah. Masjid ini mampu menampung ribuan jamaah.

Kubahnya terbuat dari emas, dengan menara setinggi 44 m (144ft). Setelah dinyatakan sebagai situs Islam, pembangunan baru dimulai tahun 1970 dan selesai tujuh tahun kemudian.

Sementara itu, Masjid Fazl, Southfields, telah terdaftar di Grade II. Masjid tersebut kerap dijadikan tujuan pertama di London. Dibangun pada tahun 1925-1926 dengan dana yang dikumpulkan oleh Komunitas Ahmadiyah di India dan didukung oleh kerja sukarela.

Masjid Fazl

Bangunan Masjid Fazl adalah perpaduan bentuk arsitektur Mughal India dan tren Inggris kontemporer. Dengan kubah seperti bola dan menyerupai menara kembar 1923 di Stadion Wembley.

Sedangkan Masjid Howard Street, Bradford, kini sudah terdaftar di Grade II. Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid rumah. Karena Masjid ini merupakan hasil konversi dari rumah menjadi tempat ibadah. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here