Lombok Barat Gelar Roah Segare, Bentuk Syukur kepada Allah Swt

600
Roah Segare (Foto: NTBnews)

Lombok, Muslim Obsession – Masyarakat pantai Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi Lombok Barat, menggelar upacara ritual budaya Roah Segare (Ruwatan Laut). Ritual budaya ini merupakan kegiatan rutin yang di upacarakan setiap tahun bulan Muharram.

kegiatan masyarakat tersebut menunjukkan rasa syukur kepada sang pencipta yang telah memberikan laut sebagai mata pencaharian mereka. Roah Segare merupakan salah satu tradisi rutin yang dilaksanakan oleh masyarakat sepanjang Pantai Kuranji, Lombok Barat. Pantai ini terletak di sebelah barat Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Prosesi Roah Segare ini dimulai dengan pembacaan barzanji, selakaran, zikiran dan doa. Kegiatan Roah Segare tahun ini dipusatkan di Area Pantai Kuranji, Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat dan dihadiri oleh seluruh nelayan yang ada di sepanjang pantai Kuranji, Ahad (4/11/2018).

Prosesinya diawali dengan mendoakan Dulang Penamat (Sesaji) untuk kemudian dibawa ke bibir pantai. Dulang tersebut kemudian dilarung ke laut. Larungan itu adalah manifestasi rasa syukur masyarakat nelayan dengan hasil laut yang melimpah.

Kepala Desa Kuranji Dalang, Sukadin menerangkan bahwa kegiatan Roah Segare itu merupakan salah satu warisan tradisi dari para leluhur masyarakat Kuranji sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt.

“Juga sebagai rasa syukur karena dijauhkan dari segala macam bentuk musibah,” terangnya.

Sukadin juga berharap agar event budaya ini bisa menjadi salah satu ikon wisata di Lombok Barat, “semoga ini bisa membangkitkan pariwisata, juga mampu mengembalikan pendidikan karakter bagi generasi muda,” harapnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here