Lima Amalan Agar Dimudahkan Jodoh

288
buku-nikah (Foto: Sebar.com)

Muslim Obsession – Hakikatnya jodoh itu sudah menjadi ketentuan Allah SWT. Ada empat perkara yang Allah tetapkan bagi seorang hamba-Nya yaitu, ajalnya, amalan baik-buruk akhir kehidupannya, rezekinya dan jodohnya.

Keempat perkara di atas sudah termasuk ketentuan dari Allah SWT. Artinya dalam urusan jodoh, perbanyaklah berpasrah kepada Allah. Karena terkadang jika memang sudah jodohnya, tidak dikejar pun akan datang dengan sendirinya dan jika memang belum waktunya, biar pun keliling dunia maka tidak akan bertemu dengan sendirinya.

Lalu apakah amalan khusus agar cepat mendapatkan jodoh? Berikut tips dari istri Buya Yahya, Ummi Fairuz Ar-Rahbini

Amalan-amalan untuk mendapatkan jodoh pun di antaranya: Perbanyak shalawat, perbanyak Istighfar, perbaiki akhlak dengan harapan agar Allah memilihkan pasangan yang baik, perbanyak berkumpul di tempat-tempat sholeh, Meminta petunjuk dengan orang-orang sholeh dan mulia.

Sedangkan amalan yang mudah-mudah saja, perbanyak Shalawat. Sebagaimana Allah swt berfirman:

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُم مِّنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ

Makna nya adalah “Sholawat itu akan mendatangkan Sholawat Allah kepadamu dan akan mengeluarkanmu dari kegelapan menuju kepada cahaya.” yang dimaksud dari hadist tersebut adalah jika seseorang mendapatkan kesusahan apapun jenisnya semoga dengan Sholawat yang dibacakan menjadi sebab kesusahannya diangkat, yang sakit menjadi sakitnya diangkat dan untuk yang belum  memiliki jodoh menjadi sebab dipertemukannya jodoh.

Membaca Sholawat pun bisa menjadikan kita semakin dekat dengan Nabi SAW dan juga titipkan setiap hajat di dalamnya. Semoga apa yang kita baca menjadi sebab Allah pilihkan pasangan yang baik.

Lantas, bolehkah kita menyebutkan nama Ikhwan di setiap doa seperti yang dilakukan oleh Sayyidah Fatimah?

Dalam hal seperti ini sebaiknya tidak untuk mengatas namakan Sayyidah Fatimah. Terkadang memang ada beberapa buku yang dibuat seperti Novel sehingga dibuat seperti percakapan menjadi kisah dan bukan sejarah, dikatakan Sayyidah Fatimah dari awal saat masih kecil memang sudah suka dengan Sayyidina Ali. Dan hal ini yang memang harus diluruskan.

Sayyidah Fatimah adalah seorang wanita mulia yang terlahir dari Ibunda mulia Sayyidah Khadijah maka pantaskah kita menyandingkan wanita mulia dengan pernyataan seperti itu? Ketika ditanya “siapa wanita yang paling mulia?” dan Sayyidah Fatimah menjawab “wanita yang tidak melihat dan dilihat oleh lelaki.” Dari sinilah kita seharusnya paham bahwa Sayyidah Fatimah adalah wanita yang paling mulia.

Janganlah mudah percaya dengan riwayat seperti ini dan hati-hatilah untuk mencari buku-buku sejarah yang tidak diketahui dengan jelas riwayatnya, karena sejarah Nabi dan keluarganya bukanlah sebuah novel yang bisa dikarang-karang dengan dibuat dramatis, romantis dan sejenisnya. Adapun riwayat sayyidah tentang masalah doa.

Diceritakan bahwa Sayyidina Hasan pernah bertanya kepada Sayyidah Fatimah “yaa Ummah, kenapa ketika engkau berdoa, aku tidak pernah mendengar engkau menyebut namamu tetapi yang selalu kau sebut adalah orang selainmu.” Sayyidah Fatimah pun menjawab “karena mendoakan orang lain itu membuat malaikan pun ikut mendoakan kita.” Jawaban beliau pun memang sesuai dengan hadist Nabi:

إِلَّا وَقَالَ الْمَلَكُ: وَلَكَ بِمِثْلٍ

Artinya “melainkan Malaikat akan berdoa: kamu mendapatkan hal yang sama.”

Jadi kalau riwayat tentang doa memang ada hadist nya, tetapi jika riwayat menyebut nama ikhwan dalam doa itu tidak ada riwayatnya. Maka berhati-hatilah dalam memabaca hadist ataupun riwayat yang palsu. Jangan sampai kita menyimpulkan dan membaca riwayat palsu tentang Baginda Rasulullah SAW dan juga keluarga beliau.

Sayyidah Fatimah adalah putri Nabi Muhammad SAW yang sangat dijaga. Maka dari itu jangan sampai kita sebagai muslimah mempercayai riwayat-riwayat palsu yang mengotori keluarganya Nabi Muhammad SAW sehingga menjadikan kita kurang hormat kepada beliau. Na’udzu billah..

Wallahu A’lam Bish Shawab..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here