Liga Arab Kecam AS Tutup Kantor PLO

485
Sekretaris Umum Liga Arab Ahmed Aboul (Foto: The Nations)

Kairo, Muslim Obsession – Faksi di Palestina mengutuk keputusan Amerika Serikat menutup kantor perwakilan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Washington DC.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul-Gheit menyatakan keputusan AS tersebut sebagai bukti bahwa AS melindungi Israel dan tindakan ini mengecilkan perjuangan Palestina.

“Sejak deklarasi Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada Desember 2017 dan relokasi kedutaannya ke Yerusalem pada Mei ini, pemerintahan AS saat ini telah menunjukkan keberpihakan mereka kepada Israel,” katanya seperti dikutip The National, Rabu (12/9/2018).

AS mengumumkan keputusan untuk menutup kantor PLO di Washington karena adanya kekhawatiran mengenai upaya Palestina guna memulai penyelidikan Mahkamah Pidana Internasional terhadap Israel.

“Kami kembali menyatakan hak rakyat Palestina tak bisa dijual, dan kami takkan tunduk pada ancaman serta gertakan AS,” kata Sekretaris Jenderal PLO Saeb Erekat.

Sebagi informasi, Kementerian Luar Negeri AS mengumumkan penutupan misi diplomatik PLO, yang berfungsi sebagai kedutaan besar Palestina di Washington secara de facto. Bulan lalu juga, pemerintah AS memotong semua dana untuk badan UN yang mengurusi pengungsi Palestina, UNRWA. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here