Liga Arab Bahas Rencana Perdamaian Timur Tengah

446
Mahmoud Abbas
Pemimpin Otoritas Palestina Mahmoud Abbas berbicara di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) (Photo: UN) 

Kairo, Muslim Obsession – Dewan Liga Arab telah mendukung seruan Presiden Palestina untuk mengadakan konferensi internasional. Guna meluncurkan kembali proses perdamaian Timur Tengah.

Resolusi tersebut datang pada akhir sesi ke-149 pada tingkat menteri luar negeri yang diselenggarakan di Kairo, sebagaimana dilansir Arab News, Jumat (9/3/2018).

Sebelumnya, pada 20 Februari 2018 lalu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah mempresentasikan rencana perdamaian kepada Dewan Keamanan. Lebih lanjut, liga Arab akan membentuk mekanisme internasional multilateral di bawah naungan PBB untuk mensponsori proses tersebut.

Liga Arab juga menegaskan penolakannya terhadap keputusan AS untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan di sana. Menteri luar negeri Arab juga menekankan dukungan mereka untuk legitimasi konstitusional pemerintah di Yaman, yang dipimpin oleh Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi.

Langkah tersebut, dipercaya akan mendukung tindakan pemerintah untuk menormalisasi situasi, mengakhiri kudeta dan memulihkan keamanan. Serta menjaga stabilitas seluruh gubernur Yaman.

Mereka juga menekankan komitmennya untuk melestarikan kesatuan dan kedaulatan Yaman. Juga upaya independensi dan integritas territorial, serta penolakan terhadap setiap gangguan dalam urusan dalam negerinya.

Menteri Luar Negeri untuk Afrika, Ahmed bin Abdulaziz Qattan, mengatakan mereka tidak keberatan berdialog dengan Iran sebagai diplomasi antar negara, bukan antar milisi.

“Tapi pertama-tama, mereka harus berhenti mencampuri urusan dalam negeri kita,” tandasnya.

Liga Arab telah dianggap sebagai tulang punggung sistem keamanan Arab. Terutama perannya dalam menjaga keamanan nasional Arab atau upaya provokasi beberapa negara tetangga.(Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here