Liburan Asyik! Yuk, Kunjungi 5 Pantai Eksotis Tanpa Laut di Danau Toba

375
Seorang wisatawan menikmati senja di tepi Danau Toba. (Foto: Albar).

Jakarta, Muslim Obsession – Indonesia dengan lebih dari 17.000 pulaunya menjadi destinasi wisata yang sangat dikagumi. Tak heran banyak wisatawan mancanegara yang berdecak kagum saat menikmati keindahan Tanah Air. Bagaimana dengan Anda?

Salah satu destinasi favorit yang sangat layak dikunjungi adalah Danau Toba. Memiliki area permukaan kurang lebih 1.145 km², Danau Toba lebih tampak seperti lautan daripada sekadar danau. Itulah sebabnya danau dengan kedalaman sampai 1.600 meter ini menjadi yang terluas di Asia Tenggara.

Di sekitar Danau Toba terdapat pantai-pantai eksotis tanpa laut yang menjadi pilihan destinasi menarik, selain bukit-bukitnya yang menawan dipandang mata. Nah, pantai apa sajakah yang bisa disambangi saat kita berada di sana?

Berikut 5 pantai eksotis berair tawar yang layak dikunjungi sebagai destinasi liburan kita.

1. Pantai Paropo

Mirip dengan pemandangan danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru, pantai Paropo adalah spot terindah untuk kita bisa puas memandangi keindahan danau berpadu perbukitan savana nan hijau di Danau Toba. Jika ingin menyaksikan matahari terbenam dengan refleksi cahaya mewarnai air danau dengan perlahan-lahan matahari menghilang di balik perbukitan, inilah tempat yang tepat dikunjungi.

Posisinya berada di Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, dan banyak orang tertarik untuk memancing sekaligus berkemah di sana — bisa ada ratusan tenda. Saat akhir pekan dan musim liburan berbagai tempat penginapan pun laris manis dipenuhi para tamu. Jika Anda hobi memancing sebaiknya tak lupa membawa alat pancing sendiri, karena sulit untuk menemukan tempat penyewaan kail di sini.

Perahu karet dengan ragam karakter di tepi Pantai Lumban Bulbul.

2. Pantai Lumban Bulbul

Berlokasi di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Pantai Lumban Bulbul berair cukup dangkal yaitu sebatas pinggang dan ramah terhadap anak-anak yang berenang dan bermain di pasir putih bersih. Anak-anak juga bisa mencoba permainan banana boat dan jet ski dengan biaya terjangkau atau merasakan ayunan dengan perosotan di pinggir pantai.

Dilengkapi fasilitas area tour keliling sampan plastik dan spot panggung untuk arena hiburan pengunjung bermain sambil mendengar musik. Pantai unik ini juga menyuguhkan sederet ornament tradisional gorga khas suku batak, termasuk gapura tempat menyambut kedatangan para pengunjung. Terlihat pula tempat makan dan minum kopi, serta restoran yang menyajikan menu ala wisata halal.

3. Pantai Batu Hoda

Hamparan pasir berbatu, alunan nyaring suara gelombang air danau diiringin hembusan angin ‘menyapa’ pepohonan besar dan orang-orang tengah menikmati pantai adalah suasana alam sehari-hari di Pantai Batu Hoda. Dengan ikon pantai sebuah patung kuda hitam dari ban bekas karya seniman lokal setempat, ini merupakan simbol kesetiaan cinta dan penantian abadi yang menyatu dengan alam.

Menceritakan seekor kuda betina menyeberang danau, lalu berdiri di atas daratan dan menanti pasangannya sang kuda jantan. Namun setelah menunggu begitu lamanya, ternyata kuda jantan tidak kunjung datang hingga kuda betina membatu. Banyak pasangan milenial mengabadikan kebersamaan di atas Batu Hoda dan mengikat janji cinta setia sana.

Destinasi wisata yang dibuka September tahun lalu ini memiliki area instagramable untuk berfoto, seperti spot berbentuk love, rumah pohon, glamcamp unik, dan lainnya.

Perahu-perahu cantik bersandar di Pasir Putih Pantai Parbaba.

4. Pantai Parbaba

Wisata pantai lainnya di Danau Toba yang cukup eksotis yaitu Pantai Parbaba berada di Parbaba Dolok, Pangururan, Kabupaten Samosir, sekitar satu jam dengan kapal feri dari Tomok.  Selain pasir putih tampak hamparan keindahan Danau Toba nan luas dengan pemandangan puncak Pusuk Buhit yang hijau menjulang tinggi.

Gunung aktif dengan asap belerang ini adalah area sakral bagi masyarakat Batak. Turis dalam dan luar negeri sering berseliweran mencoba naik sepeda air, banana boat, donat boat, odong-odong danau, atau speedboat. Selain itu, berbagai spot kuliner, tempat menginap yang nyaman akan memudahkan aktivitas jalan-jalan Anda lebih maksimal di sini.

5. Pantai Maria Raja Simorangkir

Suasana pantai berpasir putih dengan air biru jernih berombak lembut begitu mengugah mata dan hati saat berada di pantai Maria Raja Simorangkir. Ketika terkena air danau seketika rasa sejuk dingin mengalir ke sekujur tubuh, menenangkan pikiran yang tengah penat. Penduduk setempat maupun wisatawan kerap mampir ke sini untuk berenang, bermain olah raga air atau bersantai di pantai sembari bermain pasir bersama keluarga dengan pemandangan spot menggoda.

Meskipun bukan di tepi laut, namun pasirnya tetap indah dan halus. Setelah lelah berakltivitas, perut lapar segera bisa ditenangkan dengan mie Gomak yang lezat, kuliner khas terkenal di Tapanuli Utara.  Masyarakat desa setempat mempunyai beberapa rempah rahasia yang  membuat mie bertekstur kenyal tersebut terasa nikmat.  Kita juga bisa berbelanja souvenir dan ulos unik di sini untuk oleh-oleh.

Nikmati lebih banyak keindahan pantai Danau Toba dari pesona.travel 

(Elly S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here