Lewat Video, Youtuber Ini Kenalkan Timur Tengah yang Sebenarnya

580
Haifa Bseiso
Haifa Bseiso (Foto: رصيف22 )

Jakarta, Muslim Obsession – Ketika mendengar kata Timur Tengah , apa yang ada dalam pikiran kalian? Gurun pasir, unta, dan gadis menggunakan Abaya? Nah, stereotip itulah yang sedang ditentang oleh YouTuber cantik asal Dubai , Haifa Basseiso.

Menurutnya, Timur Tengah tak cuma sebatas Arab dengan gurun pasir yang luas. Lebih dari itu, Timur Tengah terdiri dari 7 negara yang memiliki beragam budaya. Haifa kemudian menuangkan idenya untuk melawan stereotip sekaligus mengenalkan Timur Tengah yang sebenarnya.

Video berdurasi sekitar 7 menit ini dimulai dengan adegan teatrikal tentang acara TV yang menayangkan Timur Tengah dengan frame yang selama ini umum dijumpai.

Perempuan dalam video itu memakai abaya hitam lengkap dengan pashminanya. Penampilan ini memang sangat lekat dengan tampilan orang Arab di kepala banyak orang. Di sana juga diperlihatkan anggapan orang-orang bahwa lelaki berkuasa dan mengekang perempuan di Arab. Sesuatu yang sering kita lihat di media mainstream.

“Pada kenyataannya itu hanyalah stereotipe. Timur Tengah tidak terdiri dari Arab Saudi saja, tapi juga ada Mesir, Iran, dan Maroko,” ungkapnya.

Di negara-negara tersebut, kata dia, ada banyak keindahan yang ditemukan. Setiap negara memiliki ciri khas budaya hingga karakteristik orang yang ramah. Industri fashion, skin care, hingga peralatan rumah tangga.

“Saya ingin menunjukkan Timur Tengah tidak sekolot orang-orang pikir. Orang Arab juga tidak selalu memakai abaya berwarna hitam. Justru ada banyak keceriaan yang ditemukan di sana,” sambungnya.

Video ini merupakan bagian dari program Youtube Creator for Change. Program ini sudah dimulai dari tahun 2017 dan menggandeng sekitar 30 Youtubers dari seluruh dunia.

Melalui videonya yang viral, Haifa sukses membuat videonya ditonton lebih dari satu juta pasang mata dan jadi perbincangan banyak media. Pembawaan Haifa yang berwarna-warni dan ceria membuatnya berhasil menunjukkan sisi lain dari Timur Tengah. Ia pun mendulang banyak pujian dari netizen. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here