Lebih dari 3 Jam, Pengunjung Taj Mahal Bakal Kena Denda

71
Taj Mahal

India, Muslim Obsession – Para pejabat di Taj Mahal baru-baru ini menerapkan batas waktu tiga jam bagi pengunjung yang ingin melihat situs terkenal di dunia tersebut.

Mereka (pengunjung) boleh tinggal lebih lama tapi harus siap-siap merogoh kocek untuk membayar denda.

“Jika wisatawan melebihi batas waktu tiga jam, mereka akan dikenakan biaya tambahan yang setara dengan tiket, yang harus dibayarkan di gerbang keluar,” jelas Vasant Swarankar, arkeolog pengawas, kepada Times of India, Rabu (20/6/2019).

Aturan baru ini sebenarnya berlaku sejak bulan April 2018, tetapi sempat terhenti menyusul protes terhadap pemasangan gerbang baru yang dimaksudkan untuk mengatur wisatawan, tapi dianggap telah memblokir pintu masuk menuju kuil tua Siddheshwar Mahadev.

Salah satu gerbang bahkan telah robek dan dipindahkan selama insiden vandalisme. Peraturan baru akhirnya mulai berlaku pada akhir pekan lalu setelah uji coba yang berhasil pada hari Sabtu.

Pengunjung pun sekarang diinstruksikan untuk masuk melalui salah satu dari dua set tujuh gerbang masuk (total 14) dan keluar melalui dua set lima gerbang (total 10). Mereka yang tiketnya dikeluarkan lebih dari tiga jam sebelum keluar akan dikenakan biaya tambahan.

Tiket masuk ke Situs Warisan Unesco yang terkenal di dunia saat ini berharga antara $ 16 dan $ 19. Namun harga tiket masuk bagi warga negara India lebih sedikit, dengan biaya antara 72 sen dan sekitar $ 3,60, per Orang Dalam. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here