Lawan Virus Corona dengan Rempah-Rempah Ini!

2763
Curcuma (Foto: Kotor Pharma)

Muslim Obsession – Virus Corona yang saat ini menjadi momok menakutkan mulai menyebar ke Indonesia. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada dua warga Indonesia yang positif terjangkit virus tersebut.

Lebih lanjut, peneliti dari Universitas Airlangga (UNAIR) Chaerul Anwar Nidom justru sudah menemukan penangkal virus corona. Guru Besar Biologi Molekuler UNAIR ini menemukan penangkal virus corona dari sari rempah-rempah (curcuma) atau mpon-mpon.

Menurut Chaerul yang juga berpengalaman menangani wabah flu burung pada tahun 2005 lalu, ada dua macam virus corona yang kini telah mewabah, yaitu low pathogenic dan high pathogenic.

Baca Juga: Cegah Virus Corona dengan Tips-Tips Berikut Ini

“Untuk low pathogenic, virus ini sifatnya tidak begitu ganas berada di saluran atas. Sedangkan high pathogenic respectornya berada di paru sehingga bisa berakibat fatal pada manusia penderita corona,” jelas Profesor Chaerul, dikutip dari jatimtimes.

Chaerul yakin, dengan tumbuhan yang memiliki kandungan curcuma yang banyak tumbuh di sekitar rumah maka masyarakat tidak perlu resah.

Agar terhindar dari corona, Chaerul menganjurkan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung curcuma sebagai suplemen daya tahan tubuh.

Baca Juga: Cegah Virus, Mulai Sekarang Harus Rajin Cuci Tangan!

“Yang bisa digunakan untuk menangkal adalah herbal atau tanaman obat yang ada di sekitar kita dan kita biasa meminum atau mengkonsumsi itu, ya itu yang kandungannya kurkumin. Kurkumin ini ada di dalam jahe, ada di dalam temulawak, ada di dalam kunyit, ada di dalam sereh, dan sebagainya,” bebernya.

Caranya, jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, sereh digodog direbus jadi satu dan supaya enak ditambah gula merah sedikit.

Menurut Prof Nidam meskipun ada yang terinfeksi virus corona tapi bila digempur tiap hari dengan minum ramuan mpon-mpon di atas akan mengurangi dampaknya.

Dan untuk yang sehat sebaiknya rutin tiap hari minum ramuan mpon-mpon tersebut untuk daya tahan tubuh.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here