Laut Merah, Surga Bawah Laut Negeri Firaun

94
Laut Merah, Mesir (Foto: Bait Syariah)

Mesir, Muslim Obsession – Mendengar kata Mesir, tentunya di bayangan kita adalah gurun pasir yang tandus beserta piramida dan patung sphinx peninggalan dinasti Firaun. Tapi jangan salah ternyata Mesir juga menyimpan surga bawah laut yang mempesona di wilayah Laut Merah.

Laut yang berada di antara benua Asia dan Afrika ini memiliki terumbu karang nomor 2 terbesar di dunia. Panjangnya mencapai 1.900 km dan dihuni lebih dari 1.000 spesies invertebrata dan 200 jenis karang keras dan lunak.

Selain itu, Laut Merah saat ini sudah jadi hunian yang nyaman untuk berbagai macam terumbu karang dan berbagai satwa laut yang akan menemani para penyelam yang menyelami Laut Merah. Ada 60 lokasi yang bisa dipilih untuk menyelami Laut Merah dan yang paling direkomendasikan adalah area Elphinstone dan The Fury Shoals. Di dua area itu kallian akan disajikan pemandangan ribuan terumbu karang keras dan lunak yang sangat indah.

Ikan pari manta, kura-kura, dugong, hiu, dan lumba-lumba spinner adalah beberapa satwa laut yang akan menyapa kalian selama menyelami Laut Merah. Ditambah lagi dengan air laut yang jernih membuat pengalaman kalian menyelami Laut Merah bakal menjadi salah satu pengalaman yang nggak terlupakan.

Maka dari itu, untuk menikmati keelokan tersebut, wisatawan bisa menggunakan jasa penyewaan kapal dan peralatan diving baik privat atau kolektif. Namun jika kalian tidak bisa menyelam ataupun snorkeling jangan khawatir. Pengunjung bisa menyewa kapal yang memiliki kaca di bagian dasarnya sehingga kita bisa mengintip underwater Laut Merah tanpa menggunakan peralatan menyelam.

Mengunjungi Laut Merah juga bisa dilakukan dengan menyambangi beberapa kota di pesisir pantainya, seperti Ain El Sokhna yang berjarak sekitar 150 km dari Kairo. Ada pula Sharm El Sheikh yang jaraknya lumayan jauh dari Kairo yaitu 600 km. Meski demikian kota yang berada di pantai utara Laut Merah tersebut dekat dengan gunung Sinai yang terkenal keindahannya.

Kota lainnya yaitu Hurghada yang berjarak 480 km. Lokasinya berada di sebelah timur Kota Kairo tepatnya di sisi selatan Laut Merah. Kota ini menjadi destinasi favorit wisatawan dari Rusia dan Eropa Timur. Tak heran beberapa maskapai penerbangan Eropa melayani jalur penerbangan langsung ke Hurghada. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here