Larang Burkini Muslimah, Dua Kolam Renang di Perancis Ditutup

333

Prancis, Muslim Obsession – Dua kolam renang di kota Prancis Grenoble telah ditutup setelah wanita Muslim menentang larangan burkini.

Belum lama ini, sekelompok wanita Muslim dan non-Muslim menentang larangan burkini di kolam renang lokal mereka di kota tenggara Grenoble, mandi dengan pakaian menutupi seluruh tubuh mereka.

Penjaga pantai di kolam meminta penutupan karena mereka ada di sana untuk menjaga keselamatan dan mereka tidak bisa melakukan itu ketika mereka harus khawatir tentang orang banyak. 

“Kami bekerja menuju solusi positif untuk masalah ini,” katanya seperti dilansir Agence France Presse (AFP), Jumat (28/6/2019).

Pertikaian ini adalah yang terbaru di Perancis atas pakaian yang menutupi wajah dan tubuh yang dikenakan oleh wanita Muslim di sebuah negara dengan undang-undang ketat tentang sekularisme.

Tidak ada hukum nasional yang menentang burkini tetapi pada tahun 2016, serangkaian kota melarang pakaian dari pantai, di Cannes, Corsica, dan Le Touquet, dengan alasan bahwa itu adalah simbol keagamaan yang mencolok yang bertentangan dengan sekularisme Prancis.

Keputusan itu pun langsung dikritik oleh banyak komentator yang melihat burkini sebagai sesuatu yang memberi begitu banyak wanita akses ke olahraga dan pengalaman yang seharusnya mereka hindari karena masalah kesehatan, tubuh atau agama.

Kemarahan memuncak setelah serangkaian foto menunjukkan empat petugas polisi bersenjatakan pistol, pentungan dan semprotan merica berdiri di sekitar wanita yang berbaring di pantai mengenakan jilbab biru. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here